Home » Berita Rb » Perkuat Good Governance Bpom Perbarui Mou Dengan Bpkp 0

Perkuat Good Governance, BPOM Perbarui MoU dengan BPKP

Jakarta – Rabu (09/05) Kepala BPOM Penny K. Lukito dan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Ardan Adiperdana memperbarui Nota Kesepahaman antara BPOM dan BPKP yang sebelumnya telah ditandatangani pada tahun 2016 lalu.

 

“Pembaruan Nota Kesepahaman ini perlu dilakukan, selain akan habis masa berlakunya pada tahun 2019, juga mengingat adanya dinamika lingkungan strategis pengawasan obat dan makanan serta perubahan struktur dan organisasi tata kerja BPOM”, ungkap Kepala BPOM saat memberikan sambutan sebelum acara penandatanganan dilakukan. “Adanya Nota Kesepahaman ini diharapkan akan memperkuat tata kelola kepemerintahan yang baik (good governance) di lingkungan BPOM dalam rangka peningkatan akuntabilitas kinerja, pelayanan publik, dan pencegahan korupsi”, lanjut Penny K. Lukito.

 

Ruang lingkup Nota Kesepahaman yang diperbarui ini lebih komprehensif dengan pelaksanaan pengendalian kecurangan dan pencegahan korupsi serta peningkatan kompetensi pengawasan intern di bidang investigasi.

 

Pada kesempatan ini, BPOM juga mendapatkan Piagam Penghargaan Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). Piagam langsung diserahkan Kepala BPKP. Ardan Adiperdana menyampaikan bahwa BPOM memperoleh level 3 (terdefinisi) pada maturitas SPIP dan level 3 (integrated) untuk kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). “Selamat kami ucapkan kepada BPOM, semoga penghargaan ini akan memacu seluruh jajaran BPOM untuk semakin baik lagi”, ujar Ardan Adiperdana. “Penerapan SPIP dan kapabilitas APIP merupakan bagian dari pengawasan internal sebagai pelaksanaan Reformasi Birokrasi”, lanjutnya.

 

Saat ini BPOM sedang melakukan tinjau ulang business process yang berkesinambungan. BPOM mengintegrasikan penyelenggaraan manajemen risiko dengan Sistem Manajemen Mutu sesuai ISO 9001:2015. “Semoga Nota Kesepahaman yang ditandatangani pada hari ini dapat diimplementasikan secara konkrit sehingga semakin memperkuat pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik di lingkungan BPOM”, tutup Penny K. Lukito (HM-Armacata)

 

 Biro Humas dan DSP


03/27/2020 - 15:09
“LAWAN CORONA” BPOM PANGKALPINANG LAKUKAN DISINFEKTAN DAN PEMBUATAN HAND SANITIZER

Untuk menjaga kondisi lingkungan aman dari paparan Virus Corona (Covid-19), Balai POM Pangkalpinang lakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh area Kantor seperti area pelayanan publik, ruang kerja termasuk juga laboratorium. Langkah ini diambil karena semakin banyaknya jumlah orang yang terpapar Virus Corona (Covid-19) di wilayah Indonesia.

 

03/23/2020 - 13:30
Cegah Penyebaran Covid-19, BBPOM di Mataram Sesuaikan Jam Operasional Layanan Publik

Mataram (23/03/2020). Menindaklanjuti Surat Edaran Nomor KP.11.01.2.25.03.20.25 Tahun 2020 Tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipili Negara (ASN) di Lingkungan Badan Pengawas Obat dan Makanan Dalam Upaya Kewaspadaan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19, maka BBPOM di Mataram selain melakukan penyesuaian jam ASN juga melakukan penyesuaian jam Layanan Publik yang efektif berlaku sejak tanggal 23 Maret 2020.

03/20/2020 - 15:01
Anggota DPD RI kunjungi BBPOM di Denpasar : Dukung UU POM dan Daya Saing UMKM

Jumat-20 Maret 2020, Anggota DPD RI, Arya Wedakarna berkunjung ke Balai Besar POM di Denpasar. Dalam sambutan hangat Kepala Balai Besar POM di Denpasar, Ni GAN Suarningsih disampaikan pula rasa terimakasih atas kepedulian Anggota DPD RI Wilayah Bali ini, saat adanya kasus CoVID -19 yang menurunkan kualitas dan kuantitas perekonomian Bali.