Home » Berita Rb » Penelusuran Telur Asin Diduga Palsu Oleh Loka Pom Banyumas

Penelusuran Telur Asin Diduga Palsu oleh Loka POM Banyumas

Jumat, 7 Februari 2020 Tim Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) di Kabupaten Banyumas melakukan penelusuran terhadap laporan kasus dugaan telur asin palsu di kediaman Ibu Komaroh, Desa Karangklesem, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas. Penelusuran dilakukan bersama tim Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Banyumas, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pekuncen, Polisi Sektor (Polsek) Pekuncen, serta Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Perangkat Desa Pekuncen. Penelusuran laporan kasus tersebut dimulai dengan koordinasi yang dilakukan di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Banyumas bersama dengan Dinas Kesehatan yang melakukan tindakan cepat tanggap berupa pengambilan sampel di lokasi kejadian. Penelusuran dilanjutkan ke lokasi rumah produksi telur asin yang diduga palsu milik Ibu Komaroh di Desa Karangklesem, Pekuncen.

 

DKK Banyumas bersama dengan Puskesmas Pekuncen telah melakukan pengujian di Labkesda Kabupaten Banyumas berupa uji formalin dan boraks dengan hasil negatif dan uji Most Probable Number (MPN) yang masih dalam tahap inkubasi. Adapun tim Loka POM Banyumas didampingi DKK Banyumas melakukan uji organoleptis terhadap sampel dan membandingkannya dengan telur asin dengan kondisi baik. Dari uji organoleptis tersebut didapatkan hasil putih telur (albumin) tampak berwarna cokelat tua dan kenyal seperti agar, kuning telur (yolk) tampak berwarna hitam pada bagian luarnya, sementara bagian tengah berwarna kuning muda dan membran telur (vateline) tampak tebal. 

 

Hasil pemeriksaan terhadap sarana produksi telur asin diduga palsu yakni terkait aspek Cara Pembuatan Pangan Olahan yang Baik (CPPOB) ditemukan hasil Higienis dan Sanitasi yang belum memenuhi ketentuan dan akan dilakukan pembinaan oleh Loka POM di Kabupaten Banyumas. Adapun terkait legalitas sarana dan produk, Loka POM Banyumas menyarankan agar mendaftar izin edar Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT) dan sudah didaftarkan oleh sanitarian Puskesmas setempat agar mendapatkan Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP).

 

Sampai saat ini, Loka POM Banyumas masih menunggu hasil uji terhadap sampel di Laboratorium Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Semarang, yang dilakukan sesuai dengan SNI 01-4277-1996 tentang syarat mutu telur asin yang mensyaratkan uji organoleptis, kadar garam dengan syarat minimal 2%, dan uji cemaran mikroba: Salmonella thyposa syarat negatif dan cemaran Staphylococcus aureus syarat maksimal 10 koloni. Selain itu, akan dilakukan perbandingan hasil uji organoleptis dan laboratorium telur asin diduga palsu dengan telur asin dengan kondisi baik dan literatur. 

 

ULPK Loka POM di Kabupaten Banyumas:

Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Banyumas

Jl. Dr. Angka No. 45, Purwokerto Timur, Banyumas

 

Telepon      : (0281) 631222

WhatsApp  : 0813 – 2988 – 6288

E-mail       : lokapombms@gmail.com

Instagram  : @lokapom_banyumas

Youtube     : Loka POM Banyumas

 

Form online Indeks Kepuasan Masyarakat : bit.ly/IKMLokaBanyumas

Form online Informasi dan Pengaduan      : bit.ly/konsumenlokapombms


03/27/2020 - 15:09
“LAWAN CORONA” BPOM PANGKALPINANG LAKUKAN DISINFEKTAN DAN PEMBUATAN HAND SANITIZER

Untuk menjaga kondisi lingkungan aman dari paparan Virus Corona (Covid-19), Balai POM Pangkalpinang lakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh area Kantor seperti area pelayanan publik, ruang kerja termasuk juga laboratorium. Langkah ini diambil karena semakin banyaknya jumlah orang yang terpapar Virus Corona (Covid-19) di wilayah Indonesia.

 

03/23/2020 - 13:30
Cegah Penyebaran Covid-19, BBPOM di Mataram Sesuaikan Jam Operasional Layanan Publik

Mataram (23/03/2020). Menindaklanjuti Surat Edaran Nomor KP.11.01.2.25.03.20.25 Tahun 2020 Tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipili Negara (ASN) di Lingkungan Badan Pengawas Obat dan Makanan Dalam Upaya Kewaspadaan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19, maka BBPOM di Mataram selain melakukan penyesuaian jam ASN juga melakukan penyesuaian jam Layanan Publik yang efektif berlaku sejak tanggal 23 Maret 2020.

03/20/2020 - 15:01
Anggota DPD RI kunjungi BBPOM di Denpasar : Dukung UU POM dan Daya Saing UMKM

Jumat-20 Maret 2020, Anggota DPD RI, Arya Wedakarna berkunjung ke Balai Besar POM di Denpasar. Dalam sambutan hangat Kepala Balai Besar POM di Denpasar, Ni GAN Suarningsih disampaikan pula rasa terimakasih atas kepedulian Anggota DPD RI Wilayah Bali ini, saat adanya kasus CoVID -19 yang menurunkan kualitas dan kuantitas perekonomian Bali.