Home » Berita Rb » Penelusuran Klb Keracunan Pangan Oleh Loka Pom Banyumas

Penelusuran KLB Keracunan Pangan oleh Loka POM Banyumas

Senin, 10 Februari 2020, Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) di Kabupaten Banyumas dan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Banyumas beserta petugas dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) I Kecamatan Wangon melakukan penelusuran atas Kejadian Luar Biasa Keracunan Pangan (KLB KP) di Desa Pengadegan, Kecamatan Wangon, Kab. Banyumas yang terjadi pada hari Jumat, 7 Februari 2020.

 

Data sementara jumlah korban yakni 150 orang dengan gejala diare, lemas, dan pusing yang terjadi antara 8-12 jam setelah mengonsumsi pangan. Informasi sementara yang didapat tidak ada korban meninggal dunia, dan pada hari Senin, 10 Februari 2020 semua pasien di Puskesmas I Wangon, Klinik dan RS Ajibarang sudah diizinkan pulang.

 

Terkait penyebab adanya KLB KP, dugaan awal dari hasil penggalian informasi yang dilakukan menunjukkan adanya infeksi bakteri dari sayur kluban yang dibagikan oleh warga yang mengadakan syukuran 7 bulan kehamilan, dikarenakan dapur tempat memasak yang kurang bersih dan proses pengolahan satur kluban yang kurang tepat (setelah direbus matang, ditiriskan kemudian disiram dengan menggunakan air mentah yang diambil langsung dari sumur). Sampel sayur kluban sudah dikirim oleh Tim DKK Banyumas ke Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Jawa Tengah pada hari Sabtu, 8 Februari 2020 dan hingga saat ini proses pengujian masih berlangsung dan diperkirakan akan selesai uji dalam waktu kurang lebih 2 minggu.

 

Petugas Loka POM Banyumas akan kembali menindaklanjuti kejadian KB ini 2 minggu ke depan, berkoordinasi dengan Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit DKK Banyumas untuk  mendapatkan kesimpulan terkait jumlah korban dan penyebab KLB KP yang kemudian akan diinputkan di aplikasi Sistem Pelaporan Informasi Masyarakat Keracunan – Kejadian Luar Biasa Keracunan Pangan (SPIMKer-KLB KP).

 

ULPK Loka POM di Kabupaten Banyumas:

Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Banyumas

Jl. Dr. Angka No. 45, Purwokerto Timur, Banyumas

 

Telepon      : (0281) 631222

WhatsApp  : 0813 – 2988 – 6288

E-mail       : lokapombms@gmail.com

Instagram  : @lokapom_banyumas

Youtube     : Loka POM Banyumas

 

Form online Indeks Kepuasan Masyarakat : bit.ly/IKMLokaBanyumas

Form online Informasi dan Pengaduan      : bit.ly/konsumenlokapombms


03/27/2020 - 15:09
“LAWAN CORONA” BPOM PANGKALPINANG LAKUKAN DISINFEKTAN DAN PEMBUATAN HAND SANITIZER

Untuk menjaga kondisi lingkungan aman dari paparan Virus Corona (Covid-19), Balai POM Pangkalpinang lakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh area Kantor seperti area pelayanan publik, ruang kerja termasuk juga laboratorium. Langkah ini diambil karena semakin banyaknya jumlah orang yang terpapar Virus Corona (Covid-19) di wilayah Indonesia.

 

03/23/2020 - 13:30
Cegah Penyebaran Covid-19, BBPOM di Mataram Sesuaikan Jam Operasional Layanan Publik

Mataram (23/03/2020). Menindaklanjuti Surat Edaran Nomor KP.11.01.2.25.03.20.25 Tahun 2020 Tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipili Negara (ASN) di Lingkungan Badan Pengawas Obat dan Makanan Dalam Upaya Kewaspadaan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19, maka BBPOM di Mataram selain melakukan penyesuaian jam ASN juga melakukan penyesuaian jam Layanan Publik yang efektif berlaku sejak tanggal 23 Maret 2020.

03/20/2020 - 15:01
Anggota DPD RI kunjungi BBPOM di Denpasar : Dukung UU POM dan Daya Saing UMKM

Jumat-20 Maret 2020, Anggota DPD RI, Arya Wedakarna berkunjung ke Balai Besar POM di Denpasar. Dalam sambutan hangat Kepala Balai Besar POM di Denpasar, Ni GAN Suarningsih disampaikan pula rasa terimakasih atas kepedulian Anggota DPD RI Wilayah Bali ini, saat adanya kasus CoVID -19 yang menurunkan kualitas dan kuantitas perekonomian Bali.