Home » Berita Rb » Pemutakhiran Data Barang Milik Negara Badan Pom Tahun Anggaran 2019

Pemutakhiran Data Barang Milik Negara Badan POM Tahun Anggaran 2019

Bekasi – Apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya bagi para pengelola Barang Milik Negara (BMN) di seluruh Indonesia dan para auditor atas upaya keras dalam penatausahaan dan pengelolaan BMN Badan POM untuk mencapai efektivitas, efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas Pelaporan keuangan. Demikian disampaikan Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito kepada para peserta pertemuan Pemutakhiran Data BMN Semester II dan Tahunan Tahun Anggaran (TA) 2019 di Bekasi, Selasa (21/01). Atas upaya tersebut, Badan POM berhasil 5 tahun berturut-turut memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas laporan keuangan TA 2018 (WTP Lestari).

 

Pertemuan Pemutakhiran Data BMN yang dihadiri oleh para pengelola Barang Milik Negara (BMN) dari 14 satuan kerja di lingkungan Badan POM dan tim auditor ini bertujuan untuk menyelesaikan tindak lanjut sampai pengungkapan hasil revaluasi penggunaan dan pengelolaan keuangan negara dalam Laporan BMN dan Laporan Keuangan Badan POM Audited TA 2019. Hal ini dilakukan agar tercipta laporan atas aset secara akurat dan akuntabel sebagai bentuk pertanggungjawaban entitas pelaporan dalam mewujudkan tertib fisik, tertib hukum, dan tertib administrasi keuangan negara berdasarkan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. “Dari hasil monitoring dan evaluasi oleh Kementerian Keuangan, Badan POM telah 100% menindaklanjuti Catatan Hasil Reviu Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan telah 100% menindaklanjuti temuan BPK atas revaluasi,” ungkap Penny K. Lukito.

 

Berdasarkan laporan hasil pemeriksaan BPK RI, masih terdapat beberapa permasalahan yang harus terus dibenahi terkait permasalahan BMN di Badan POM, diantaranya pencatatan dan pengelolaan aset tidak tetap, pengelolaan aset tetap, pengelolaan aset tak berwujud, serta pemeliharaan aset pada setiap satuan kerja di lingkungan Badan POM. Atas hal tersebut Kepala Badan POM mengimbau untuk terus meningkatkan mutu manajemen aset yang baik yang menjadi aspek penting dalam pengelolaan dan penggunaan keuangan negara.

 

“Diharapkan seluruh peserta dapat berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja dalam pengelolaan BMN sehingga Badan POM dapat mewujudkan tertib fisik, tertib hukum dan tertib administrasi dalam pengelolaan BMN dan terus mempertahankan opini WTP atas pemeriksaan laporan keuangan TA 2019,” tutur Kepala Badan POM. Perubahan paradigma dari “penertiban aset” menuju “manajemen aset”, diharapkan menjadi pendorong dalam optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan aset sesuai kebutuhan organisasi, serta dapat memberikan masukan positif kepada organisasi. (HM-Tri)

 

Biro Hubungan Masyarakat dan Dukungan Strategis Pimpinan


03/27/2020 - 15:09
“LAWAN CORONA” BPOM PANGKALPINANG LAKUKAN DISINFEKTAN DAN PEMBUATAN HAND SANITIZER

Untuk menjaga kondisi lingkungan aman dari paparan Virus Corona (Covid-19), Balai POM Pangkalpinang lakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh area Kantor seperti area pelayanan publik, ruang kerja termasuk juga laboratorium. Langkah ini diambil karena semakin banyaknya jumlah orang yang terpapar Virus Corona (Covid-19) di wilayah Indonesia.

 

03/23/2020 - 13:30
Cegah Penyebaran Covid-19, BBPOM di Mataram Sesuaikan Jam Operasional Layanan Publik

Mataram (23/03/2020). Menindaklanjuti Surat Edaran Nomor KP.11.01.2.25.03.20.25 Tahun 2020 Tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipili Negara (ASN) di Lingkungan Badan Pengawas Obat dan Makanan Dalam Upaya Kewaspadaan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19, maka BBPOM di Mataram selain melakukan penyesuaian jam ASN juga melakukan penyesuaian jam Layanan Publik yang efektif berlaku sejak tanggal 23 Maret 2020.

03/20/2020 - 15:01
Anggota DPD RI kunjungi BBPOM di Denpasar : Dukung UU POM dan Daya Saing UMKM

Jumat-20 Maret 2020, Anggota DPD RI, Arya Wedakarna berkunjung ke Balai Besar POM di Denpasar. Dalam sambutan hangat Kepala Balai Besar POM di Denpasar, Ni GAN Suarningsih disampaikan pula rasa terimakasih atas kepedulian Anggota DPD RI Wilayah Bali ini, saat adanya kasus CoVID -19 yang menurunkan kualitas dan kuantitas perekonomian Bali.