Home » Berita Rb » Pelantikan Pejabat Struktural Songsong Visi Indonesia 2019 2024

Pelantikan Pejabat Struktural Songsong Visi Indonesia 2019-2024

Jakarta – Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito melantik dan mengambil sumpah jabatan 24 orang pejabat struktural Eselon I, II, III, dan IV di Aula Gedung C Badan POM, Selasa (06/08). Pelantikan ini bertujuan untuk mengisi jabatan kosong dengan pejabat kompeten yang sebelumnya telah dipilih melalui proses seleksi oleh Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan. Terdapat dua orang Eselon I yang dilantik yaitu Rita Endang sebagai Deputi Bidang Pengawasan Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan Zat Adiktif serta Reri Indriani sebagai Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan.

 

Dalam sambutannya, Kepala Badan POM menyatakan dukungan terhadap program-program yang dicanangkan oleh Pemerintah, sesuai dengan pidato Presiden Terpilih 2019-2024 Joko Widodo terkait “Visi Indonesia”.

 

“Dalam 3 tahun terakhir, arahan dari visi misi perubahan reformasi yang kita gulirkan bersama-sama di Badan POM ini merupakan bagian dari birokrasi pemerintah. Ini merupakan bentuk respon dan dukungan kita terhadap visi misi yang dicanangkan oleh Presiden terpilih, Bapak Jokowi,” papar Penny K. Lukito terkait reformasi dan penguatan kinerja Badan POM selama 3 tahun kepemimpinannya.

 

“Di dalam visi-misi juga dijelaskan peran Sumber Daya Manusia (SDM) yang sangat esensial bagi suatu organisasi pemerintahan, dimana penguatan SDM dapat memberikan kontribusi besar dalam membangun bangsa ini kedepannya,” lanjutnya.

 

Reformasi dan penguatan kinerja dalam rangka perubahan paradigma Badan POM sendiri dikelompokkan menjadi lima sasaran Target Reformasi. Lima Sasaran target reformasi tersebut yaitu 1) Penguatan Kelembagaan/ Regulasi; 2) Penguatan Sumber Daya Manusia; 3) Reformasi Birokrasi dalam Tata Laksana Pelayanan Publik; 4) Sarana dan Prasarana dalam pengawasan obat dan makanan; serta 5) Program dan Anggaran yang efektif, efisien, dan akuntabel.

 

Kegiatan pelantikan, baik promosi maupun mutasi merupakan bukti penerapan poin nomor dua dalam pola pembinaan karir pegawai dengan tujuan mengoptimalkan kinerja organisasi dan upaya Badan POM untuk meningkatkan kualitas kinerja pengawasan obat dan makanan agar manfaat keberadaan Badan POM semakin dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

 

"Peran Badan POM dalam melindungi kesehatan masyarakat dan membangun daya saing bangsa harus didukung oleh pemimpin-pemimpin pancasilais," tegas Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito. “Yaitu pemimpin yang beriman, percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, mendahulukan kepentingan bangsa, membangun bangsa yang adil dan sejahtera, serta menghargai keberagaman. Seperti pemimpin-pemimpin pejuang kita yang selama ini, semenjak kebangkitan nasional, sesudah, dan sebelum kemerdekaan,” tutupnya. (HM- Devi)

 

Biro Hubungan Masyarakat dan Dukungan Strategis Pimpinan

 

Daftar pejabat Eselon I yang dilantik


Daftar pejabat yang dilantik


12/13/2019 - 18:58
Menuju 2020, Badan POM Targetkan Tindak lanjut Menyeluruh Rekomendasi BPK

Jakarta - Pertemuan Entry Meeting Laporan Keuangan Badan POM 2019 dilaksanakan di kantor Badan POM, Jakarta (13/12). Pertemuan ini bertujuan untuk menyampaikan apresiasi dan rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas evaluasi terhadap laporan keuangan Badan POM. Plt. Sekretaris Utama, I Gusti Ngurah Bagus Kusuma Dewa menyampaikan bahwa evaluasi ini mendorong peningkatan kinerja Badan POM serta lebih luas mendukung perkuatan kerangka kelembagaan Badan POM. “Masukan dan rekomendasi ini akan menguatkan, meningkatkan, dan mengefektifkan pengawasan Badan POM,” tegasnya.

12/13/2019 - 06:41
Desk CAPA Untuk Percepatan Perizinan Pelaku Usaha Obat dan Makanan

Selaras dengan kebijakan Badan Pengawas Obat dan Makanan yang semakin mempermudah pelaku usaha dalam rangka percepatan perizinan obat dan makanan, Balai Besar POM di Jakarta, pada hari Kamis tanggal 12 Desember 2019 menyelenggarakan kegiatan Desk CAPA bagi sarana produksi maupun distribusi yang telah diaudit sebelumnya, hal ini bertujuan untuk mempercepat proses penerbitan rekomendasi Pemeriksaan Sarana oleh Balai (PSB).

12/12/2019 - 09:04
Balai Besar POM di Serang laksanakan Monev Desa Pangan Aman di Banten

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Serang melaksanakan Monitoring dan Evaluasi Desa Pangan Aman di Kota Serang Provinsi Banten (9/12/19). Kegiatan ini merupakan penutup rangkaian kegiatan Gerakan Keamanan Pangan Desa dan Pengawalan Desa Pangan Aman di Provinsi Banten tahun 2019.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala BBPOM di Serang (Sukriadi Darma) dengan mengundang 136 peserta dari 3 kabupaten yang diintervensi program yaitu Kabupaten Lebak, Pandeglang dan Kabupaten Serang.