Home » Berita Rb » Meningkatkan Jaminan Mutu Hasil Pengujian Laboratorium Balai Besar Pom Di Jakarta

Meningkatkan Jaminan Mutu Hasil Pengujian Laboratorium Balai Besar POM di Jakarta

Dalam rangka meningkatkan pemenuhan terhadap standar kompetensi personil dan ruang lingkup yang ditetapkan oleh ISO 17025, pada tanggal 21 dan 22 Mei 2018 Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Jakarta melaksanakan Bimbingan Teknis Pengujian Sistem Mutu terkait Jaminan Mutu Hasil Pengujian dengan narasumber Dr. Julia Kantasubrata. Pelatihan dibuka oleh Kepala Balai Besar POM di Jakarta, Bapak Sukriadi Darma, S.Si, Apt. Dalam sambutannya, Kepala Balai Besar POM di Jakarta mengharapkan bimbingan teknis ini dapat meningkatkan kompetensi personel penguji guna meningkatkan jaminan mutu hasil pengujian terhadap produk obat dan makanan yang beredar di pasaran.

Pelatihan diikuti oleh seluruh penguji di Bidang Pengujian BBPOM di Jakarta dan dilaksanakan selama 2 (dua) hari. Materi yang disampaikan mencakup pembahasan jaminan mutu hasil pengujian, ketertelusuran, bahan acuan, penyiapan bahan acuan sekunder, uji profisiensi, uji banding laboratorium, replika pengujian menggunakan metode sama dan berbeda, control sampel, control chart, evaluasi dan tindak lanjutnya.

Melalui pelatihan ini, diharapkan dapat meningkatkan kinerja Laboratorium Pengujian Balai Besar POM di Jakarta. Saat penutupan, Ibu Dra. Nurul Hidayah, Apt, M.Si mewakili Kepala Balai Besar POM di Jakarta menyampaikan terima kasih atas partisipasi aktif semua peserta dan menyatakan bahwa Balai Besar POM di Jakarta akan menindaklanjuti hasil pelatihan dengan menerapkan jaminan mutu hasil pengujian secara konsisten.


03/27/2020 - 15:09
“LAWAN CORONA” BPOM PANGKALPINANG LAKUKAN DISINFEKTAN DAN PEMBUATAN HAND SANITIZER

Untuk menjaga kondisi lingkungan aman dari paparan Virus Corona (Covid-19), Balai POM Pangkalpinang lakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh area Kantor seperti area pelayanan publik, ruang kerja termasuk juga laboratorium. Langkah ini diambil karena semakin banyaknya jumlah orang yang terpapar Virus Corona (Covid-19) di wilayah Indonesia.

 

03/23/2020 - 13:30
Cegah Penyebaran Covid-19, BBPOM di Mataram Sesuaikan Jam Operasional Layanan Publik

Mataram (23/03/2020). Menindaklanjuti Surat Edaran Nomor KP.11.01.2.25.03.20.25 Tahun 2020 Tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipili Negara (ASN) di Lingkungan Badan Pengawas Obat dan Makanan Dalam Upaya Kewaspadaan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19, maka BBPOM di Mataram selain melakukan penyesuaian jam ASN juga melakukan penyesuaian jam Layanan Publik yang efektif berlaku sejak tanggal 23 Maret 2020.

03/20/2020 - 15:01
Anggota DPD RI kunjungi BBPOM di Denpasar : Dukung UU POM dan Daya Saing UMKM

Jumat-20 Maret 2020, Anggota DPD RI, Arya Wedakarna berkunjung ke Balai Besar POM di Denpasar. Dalam sambutan hangat Kepala Balai Besar POM di Denpasar, Ni GAN Suarningsih disampaikan pula rasa terimakasih atas kepedulian Anggota DPD RI Wilayah Bali ini, saat adanya kasus CoVID -19 yang menurunkan kualitas dan kuantitas perekonomian Bali.