Home » Berita Rb » Mengembangkan Kompetensi Untuk Mendukung Digitalisasi Layanan Publik Badan Pom

MENGEMBANGKAN KOMPETENSI UNTUK MENDUKUNG DIGITALISASI LAYANAN PUBLIK BADAN POM

Bekasi - Seiring dengan perkembangan jaman dan era globalisasi pada semua aspek, sektor pemerintahan berperan untuk melaksanakan digitalisasi pelayanan publik. Badan POM sadar benar memasuki era transformasi digital 4.0 memberikan konsekuensi tuntutan yang sangat tinggi dari masyarakat. Dalam mendukung digitalisasi pelayanan publik, diperlukan sarana prasarana serta sumber daya manusia teknologi informasi yang tangguh.

Salah satu upaya penyediaan sumber daya manusia, Badan POM menyelenggarakan Workshop Jabatan Fungsional Pranata Komputer pada hari Rabu-Sabtu, 7-10 Agustus 2019 di Harris Hotel and Convention Hall Summarecon Bekasi. Workshop mengangkat tema “Peningkatan Kompetensi SDM TI dalam rangka Mendukung Layanan Publik Menuju Transformasi Digital 4.0”. Workshop bertujuan untuk meningkatkan kompetensi terkait Peran Jabatan Fungsional Pranata Komputer dalam mendukung pelayanan publik serta penilaiannya dalam jenjang karirnya .

Workshop dibuka oleh Deputi Bidang Pengawasan Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan Zat Adiktif, Rita Endang dan diikuti oleh 122 peserta baik dari unit teknis pusat, Balai Besar/Balai POM dan Loka POM. Dalam sambutannya, Rita Endang mengajak Tim TI agar melaksanakan tugasnya di unit masing-masing dengan sebaik-baiknya, serta selalu mengajak unitnya untuk menuju IT-minded sehingga pelayanan publik dapat berjalan dengan baik dan menjadikan Badan POM lebih hebat.

Pada hari pertama beberapa materi disampaikan baik dari internal Badan POM maupun ekternal. Materi dimulai oleh Tri Asti Isnariani, Direktur Pengawasan Keamanan, Mutu, Ekspor dan Impor Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan Zat Adiktif selaku Plt Kepala Pusdatin juga memberikan paparan terkait Sistem Teknologi Informasi dalam Pelayanan Publik Badan POM. Pada kesempatan yang sama dipaparkan pula Master Plan TIK dan Big Data yang dilaksanakan di Badan POM oleh Eddy Nurmanto, selaku konsultan Badan POM. Acara pertama ditutup dengan paparan Daryanto dari Badan Pusat Statistik sebagai Instansi Pembina jabatan Pranata Komputer terkait langkah-langkah penyusunan DUPAK

Workshop di hari kedua difokuskan pada Administrasi dan Teknis Tata Cara Penilaian Jabatan Fungsional Pranata Komputer, dengan narasumber dari BPS. Diskusi kelompok yang didampingi oleh BPS agar peserta lebih memahami dalam pembuatan DUPAK.

Penjelasan-penjelasan yang disampaikan diharapkan dapat memberikan peningkatan kompetensi kepada SDM dalam mendukung pelayanan publik di Badan POM tanpa mengabaikan apresiasi untuk Pranata Komputer.


12/13/2019 - 18:58
Menuju 2020, Badan POM Targetkan Tindak lanjut Menyeluruh Rekomendasi BPK

Jakarta - Pertemuan Entry Meeting Laporan Keuangan Badan POM 2019 dilaksanakan di kantor Badan POM, Jakarta (13/12). Pertemuan ini bertujuan untuk menyampaikan apresiasi dan rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas evaluasi terhadap laporan keuangan Badan POM. Plt. Sekretaris Utama, I Gusti Ngurah Bagus Kusuma Dewa menyampaikan bahwa evaluasi ini mendorong peningkatan kinerja Badan POM serta lebih luas mendukung perkuatan kerangka kelembagaan Badan POM. “Masukan dan rekomendasi ini akan menguatkan, meningkatkan, dan mengefektifkan pengawasan Badan POM,” tegasnya.

12/13/2019 - 06:41
Desk CAPA Untuk Percepatan Perizinan Pelaku Usaha Obat dan Makanan

Selaras dengan kebijakan Badan Pengawas Obat dan Makanan yang semakin mempermudah pelaku usaha dalam rangka percepatan perizinan obat dan makanan, Balai Besar POM di Jakarta, pada hari Kamis tanggal 12 Desember 2019 menyelenggarakan kegiatan Desk CAPA bagi sarana produksi maupun distribusi yang telah diaudit sebelumnya, hal ini bertujuan untuk mempercepat proses penerbitan rekomendasi Pemeriksaan Sarana oleh Balai (PSB).

12/12/2019 - 09:04
Balai Besar POM di Serang laksanakan Monev Desa Pangan Aman di Banten

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Serang melaksanakan Monitoring dan Evaluasi Desa Pangan Aman di Kota Serang Provinsi Banten (9/12/19). Kegiatan ini merupakan penutup rangkaian kegiatan Gerakan Keamanan Pangan Desa dan Pengawalan Desa Pangan Aman di Provinsi Banten tahun 2019.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala BBPOM di Serang (Sukriadi Darma) dengan mengundang 136 peserta dari 3 kabupaten yang diintervensi program yaitu Kabupaten Lebak, Pandeglang dan Kabupaten Serang.