Home » Berita Rb » Masyarakat Cilamaya Wetan Siap Menjadi Konsumen Cerdas

Masyarakat Cilamaya Wetan siap menjadi konsumen cerdas!

KARAWANG - Sebagai upaya peningkatan pengetahuan masyarakat terhadap keamanan obat dan makanan, Badan POM melaksanakan kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi pada masyarakat Cilamaya Wetan Kab. Karawang dengan tema “Obat dan Makanan yang terpercaya Melalui Website BPOM”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 Maret 2019 di Aula Koperasi Guru Rahayu Cilamaya, Karawang, Jawa Barat dengan mengundang 200 masyarakat dan beberapa tokoh masyarakat.

Acara dibuka oleh perwakilan dari Dinas Kesehatan Kab. Karawang yaitu Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga, Muhamad Alwi, SKM, MM. Beliau mengajak masyarakat sebagai mitra Badan POM untuk bersama-sama memerangi produk ilegal dan menghindari konsumsi produk jajanan yang tidak aman. 

Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan Anggota Komisi IX DPR RI, drg. Putih Sari.  Dalam sambutannya, beliau menjelaskan bahwa saat ini Komisi IX DPR bekerjasama dengan Badan POM dalam perancangan UU terkait pengawasan obat dan makanan yang akan memperkuat kelembagaan Badan POM. Beliau turut berpesan agar masyarakat dapat selektif dalam memilih obat, makanan dan kosmetik yang aman dan terpercaya.

Bertindak sebagai narasumber, Kepala Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan, Roby Darmawan menyampaikan bahwa Sebelum membeli Obat dan Makanan, masyarakat supaya melakukan Cek KLIK: Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar, dan Cek Kedaluwarsa. Beliau menekankan kepada masyarakat untuk menjadikan Website Badan POM sebagai saluran informasi terpercaya terkait obat dan makanan. Masyarakat dapat pula mengecek nomor ijin edar suatu produk dengan menggunakan aplikasi CekBPOM dan BPOM Mobile. Pada kesempatan ini, salah satu peserta KIE diajak mencoba langsung aplikasi BPOM Mobile dengan cara memindai (scan) barcode pada kemasan salah satu produk.

Selanjutkan materi disampaikan oleh Kepala Balai Besar POM di Bandung, I Gusti Ngurah Bagus Kusuma Dewa, S.Si, Apt, MPMM. Beliau menjelaskan bahwa di Jawa Barat terdapat 3 kantor BPOM yaitu Balai Besar POM di Bandung, Loka POM di Bogor dan Tasikmalaya. “Setiap ada masalah obat dan makanan, masyarakat jangan segan untuk menyampaikan kepada kami”, jelasnya. Kemudian beliau menyampaikan tentang gerakan DAGUSIBU (Dapatkan, Gunakan, Simpan, dan Buang) obat dengan aman. Selain itu, beliau juga memberikan penjelasan serta tips dan petunjuk kepada masyarakat bagaimana cara memilih obat, obat tradisional dan kosmetik yang aman.

Kemudian acara ditutup oleh Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Gina Fadlia Swara, dengan kembali mengajak seluruh masyarakat supaya lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi obat dan makanan.


12/06/2019 - 09:31
BBPOM di Yogyakarta Galang Komitmen Menghadapi Era VUCA

YOGYAKARTA. Pada Hari Sabtu (30/11) seluruh jajaran BBPOM di Yogyakarta melaksanakan Penandatanganan Komitmen Penguatan SDM menghadapi Era VUCA ((Volatility, Uncertainty, Complexity, and Ambiguity),  Menuju SDM Unggul Indonesia Maju. Penandatanganan dimulai oleh Kepala Balai Besar POM di Yogyakarta Rustyawati diikuti oleh seluruh karyawan.

12/06/2019 - 09:20
Raih Dua Penghargaan, BBPOM di Yogyakarta Semakin Kuat Bertekad Tingkatkan Kinerja

YOGYAKARTA. Pada Acara Pertemuan Teknis Peningkatan Kualitas Penindakan dan Pengelolaan Barang Bukti yang dilaksanakan di Banyuwangi (26/11), Kepala Badan POM Penny K Lukito memberikan penghargaan terhadap Unit Kerja terbaik di lingkungan Badan POM dalam kategori hasil evaluasi internal Indeks Reformasi Birokrasi (RB) dan nilai evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah(SAKIP) terbaik.

12/05/2019 - 16:23
Kaji Ulang Manajemen Laboratorium Balai Besar POM di Bandung Tahun 2019

KUM (Kaji Ulang Manajemen) Laboratorium merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun sebagai implementasi penerapan sistem mutu ISO/IEC 17025:2017. Fungsi Kaji Ulang Manajemen Laboratorium yaitu mengetahui relevansi dan efektivitas sistem manajemen mutu sesuai arah dan tujuan organisasi.