Home » Berita Rb » Masyarakat Cilamaya Wetan Siap Menjadi Konsumen Cerdas

Masyarakat Cilamaya Wetan siap menjadi konsumen cerdas!

KARAWANG - Sebagai upaya peningkatan pengetahuan masyarakat terhadap keamanan obat dan makanan, Badan POM melaksanakan kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi pada masyarakat Cilamaya Wetan Kab. Karawang dengan tema “Obat dan Makanan yang terpercaya Melalui Website BPOM”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 Maret 2019 di Aula Koperasi Guru Rahayu Cilamaya, Karawang, Jawa Barat dengan mengundang 200 masyarakat dan beberapa tokoh masyarakat.

Acara dibuka oleh perwakilan dari Dinas Kesehatan Kab. Karawang yaitu Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga, Muhamad Alwi, SKM, MM. Beliau mengajak masyarakat sebagai mitra Badan POM untuk bersama-sama memerangi produk ilegal dan menghindari konsumsi produk jajanan yang tidak aman. 

Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan Anggota Komisi IX DPR RI, drg. Putih Sari.  Dalam sambutannya, beliau menjelaskan bahwa saat ini Komisi IX DPR bekerjasama dengan Badan POM dalam perancangan UU terkait pengawasan obat dan makanan yang akan memperkuat kelembagaan Badan POM. Beliau turut berpesan agar masyarakat dapat selektif dalam memilih obat, makanan dan kosmetik yang aman dan terpercaya.

Bertindak sebagai narasumber, Kepala Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan, Roby Darmawan menyampaikan bahwa Sebelum membeli Obat dan Makanan, masyarakat supaya melakukan Cek KLIK: Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar, dan Cek Kedaluwarsa. Beliau menekankan kepada masyarakat untuk menjadikan Website Badan POM sebagai saluran informasi terpercaya terkait obat dan makanan. Masyarakat dapat pula mengecek nomor ijin edar suatu produk dengan menggunakan aplikasi CekBPOM dan BPOM Mobile. Pada kesempatan ini, salah satu peserta KIE diajak mencoba langsung aplikasi BPOM Mobile dengan cara memindai (scan) barcode pada kemasan salah satu produk.

Selanjutkan materi disampaikan oleh Kepala Balai Besar POM di Bandung, I Gusti Ngurah Bagus Kusuma Dewa, S.Si, Apt, MPMM. Beliau menjelaskan bahwa di Jawa Barat terdapat 3 kantor BPOM yaitu Balai Besar POM di Bandung, Loka POM di Bogor dan Tasikmalaya. “Setiap ada masalah obat dan makanan, masyarakat jangan segan untuk menyampaikan kepada kami”, jelasnya. Kemudian beliau menyampaikan tentang gerakan DAGUSIBU (Dapatkan, Gunakan, Simpan, dan Buang) obat dengan aman. Selain itu, beliau juga memberikan penjelasan serta tips dan petunjuk kepada masyarakat bagaimana cara memilih obat, obat tradisional dan kosmetik yang aman.

Kemudian acara ditutup oleh Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Gina Fadlia Swara, dengan kembali mengajak seluruh masyarakat supaya lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi obat dan makanan.


07/14/2020 - 09:46
Layanan Pengaduan dan Informasi Konsumen Semester I Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) di Kabupaten Banyumas

Sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Lingkungan Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM), Loka POM di Kabupaten Banyumas dengan wilayah pengawasan meliputi Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Banjarnegara, turut mendukung kinerja dan meningkatkan kualitas layanan publik Badan POM dengan membuka Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) di loket informasi obat dan makanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Banyumas mulai tanggal 31 Januari 2020.

07/13/2020 - 21:06
Badan POM Susun Program dan Kegiatan Terpadu yang Applicable di Seluruh Wilayah Indonesia

Jakarta – Badan POM menyelenggarakan Sosialisasi Mekanisme Penganggaran Kegiatan Terpadu di serta Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA-KL), Senin (13/07). Dihadiri oleh seluruh Kepala Unit Pusat dan Kepala Balai Besar/Balai POM/Kantor Badan POM di Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia secara virtual, sosialisasi ini merupakan satu tahapan yang harus dilalui sebelum penyusunan RKA-K/L di setiap satuan kerja di Badan POM.

07/13/2020 - 18:07
“BBPOM di Manado terus berinovasi untuk meningkatkan Pelayanan Publik Prima”

#SahabatBPOM. Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik Balai Besar POM di Manado melakukan pertemuan virtual Forum Komunikasi Publik pada tanggal 8 Juli 2020.  Kegiatan tersebut mengundang konsumen sebagai pelanggan Balai Besar POM di Manado untuk mendengar aspirasi mereka terkait layanan Publik yang telah diterima dari Balai Besar POM di Manado.