Home » Berita Rb » Loka Pom Banyumas Perkuat Jaringan Keamanan Pangan Daerah Di Banjarnegara Melalui Bimtek

Loka POM Banyumas Perkuat Jaringan Keamanan Pangan Daerah di Banjarnegara Melalui Bimtek District Food Inspector (DFI)

Sebagai bentuk pengawasan dan perkuatan Keamanan Pangan Daerah, Senin-Jumat, 20-24 Januari 2020, Loka POM di Kabupaten Banyumas hadir sebagai narasumber pada acara Bimbingan Teknis (Bimtek) District Food Inspector (DFI) atau Pengawas Pangan Daerah yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara. Kegiatan ini diikuti oleh 35 orang peserta yang merupakan Sanitarian Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di seluruh wilayah Kabupaten Banjarnegara.

Bimtek DFI diisi dengan penyampaian kurikulum materi Peraturan Perundang-Undangan dan Kebijakan Pengawasan Keamanan Pangan Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP).  Tidak hanya pemahaman teori, peserta juga turut dibekali praktik untuk menjadi auditor pada sarana IRTP. Praktik simulasi audit/inspeksi/asesmen keamanan pangan berbasis kasus dilaksanakan pada hari keempat yang dilakukan pada sarana IRTP di wilayah Kabupaten Wonosobo. Hasil praktik simulasi tersebut pun dipresentasikan oleh masing-masing kelompok dan diskusikan bersama dengan sangat antusias oleh seluruh peserta.

Kegiatan ini ditutup dengan adanya post-test serta pemberian penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada para peserta Bimtek DFI yang sudah berpartisipasi aktif selama berjalannya acara. Piagam penghargaan tersebut terdiri atas peserta dengan nilai tertinggi, peserta teraktif, dan peserta dengan progres nilai yang meningkat. Melalui Bimtek DFI, diharapkan menambah keterampilan dari para Sanitarian daerah sehingga meningkatkan kemanan pangan di daerah mengingat semakin banyaknya sarana produksi pangan yang ada di wilayah pengawasan Loka POM Banyumas, baik usaha di tingkat  rumah tangga, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), hingga sarana produksi berskala industri.

Loka POM Banyumas akan terus berkomitmen dalam meningkatkan perkuatan pengawasan bagi Jejaring Keamanan Pangan Daerah, salah satunya dengan berpartisipasi dalam Bimtek serupa. Mari bersama sadar pangan aman dimulai dari skala terkecil yakni diri sendiri dan keluarga. Pastikan pangan yang anda konsumsi dan sajikan aman serta mengandung gizi seimbang. Selalu ingat Cek Kemasan, Label Izin Edar, dan Kedaluwarsa (Cek KLIK) sebelum membeli dan mengonsumsi pangan segar maupun pangan olahan.

Unit Layanan Pengaduan Konsumen Loka POM di Kabupaten Banyumas

Telepon     : (0281) 631222

WhatsApp  : 0813 – 2988 – 6288

E-mail       : lokapombms@gmail.com

Instagram  : @lokapom_banyumas

Youtube     : Loka POM Banyumas

        


03/27/2020 - 15:09
“LAWAN CORONA” BPOM PANGKALPINANG LAKUKAN DISINFEKTAN DAN PEMBUATAN HAND SANITIZER

Untuk menjaga kondisi lingkungan aman dari paparan Virus Corona (Covid-19), Balai POM Pangkalpinang lakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh area Kantor seperti area pelayanan publik, ruang kerja termasuk juga laboratorium. Langkah ini diambil karena semakin banyaknya jumlah orang yang terpapar Virus Corona (Covid-19) di wilayah Indonesia.

 

03/23/2020 - 13:30
Cegah Penyebaran Covid-19, BBPOM di Mataram Sesuaikan Jam Operasional Layanan Publik

Mataram (23/03/2020). Menindaklanjuti Surat Edaran Nomor KP.11.01.2.25.03.20.25 Tahun 2020 Tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipili Negara (ASN) di Lingkungan Badan Pengawas Obat dan Makanan Dalam Upaya Kewaspadaan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19, maka BBPOM di Mataram selain melakukan penyesuaian jam ASN juga melakukan penyesuaian jam Layanan Publik yang efektif berlaku sejak tanggal 23 Maret 2020.

03/20/2020 - 15:01
Anggota DPD RI kunjungi BBPOM di Denpasar : Dukung UU POM dan Daya Saing UMKM

Jumat-20 Maret 2020, Anggota DPD RI, Arya Wedakarna berkunjung ke Balai Besar POM di Denpasar. Dalam sambutan hangat Kepala Balai Besar POM di Denpasar, Ni GAN Suarningsih disampaikan pula rasa terimakasih atas kepedulian Anggota DPD RI Wilayah Bali ini, saat adanya kasus CoVID -19 yang menurunkan kualitas dan kuantitas perekonomian Bali.