Home » Berita Rb » Loka Pom Banyumas Berikan Penyuluhan Keamanan Pjas Di Purbalingga

Loka POM Banyumas Berikan Penyuluhan Keamanan PJAS di Purbalingga

Rabu, 19 Februari 2020, Loka POM di Kabupaten Banyumas memberikan penyuluhan Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) di MIN 3 Purbalingga dan SMP N 1 Kemangkon, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Kegiatan ini diikuti oleh siswa/i, guru, dan pedagang kantin di lingkungan sekolah kurang lebih sejumlah 100 orang. Kegiatan penyuluhan keamanan PJAS ini dilakukan sebagai salah satu program pengawasan Loka POM Banyumas untuk mengawal keamanan pangan jajan anak sekolah, mengingat pentingnya pemenuhan asupan energi dan gizi bagi anak usia sekolah. 

 

Pangan jajanan di sekolah berperan penting dalam pemenuhan kebutuhan gizi anak sekolah. Penjaminan keamanan, mutu, dan gizi pangan jajanan anak sekolah perlu menjadi prioritas. Petugas menyampaikan agar anak sekolah selalu waspada terhadap pangan jajanan yang mengandung bahan berbahaya dan dapat memilih pangan jajanan yang sehat, tentunya yang tidak mengandung Rhodamin B, Methanil Yellow, Formalin dan Boraks. Selain memberikan penyuluhan, dilakukan juga pembelian dan pengujian sampel di tempat secara kualitatif menggunakan test kit. Terdapat sejumlah sampel PJAS yang diuji secara cepat meliputi uji Rhodamin B, Methanil Yellow, Formalin dan Boraks. Dari sejumlah sampel yang diuji, diperoleh hasil bahwa PJAS yang dijajakan di kedua sekolah tersebut tidak mengandung bahan berbahaya yang dilarang pada makanan, sehingga jajanan tersebut aman untuk dikonsumsi dan baik bagi kesehatan, ditinjau dari segi bahaya kimia. Hasil pengujian tersebut langsung disampaikan kepada seluruh peserta penyuluhan. 

 

Loka POM Banyumas sebagai salah satu unit otoritas pengawas Obat dan Makanan berperan penting dalam mengawasi pangan beredar. Anak-anak dan guru sebagai konsumen utama pangan jajanan di sekolah diharapkan dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan menjadi konsumen cerdas. Kemanan pangan adalah tanggung jawab kita bersama, jadilah pelopor dan penggerak untuk turut memastikan pangan jajanan di lingkungan sekolah senantiasa terjaga keamanan, mutu, dan gizinya.

 

ULPK Loka POM di Kabupaten Banyumas:

Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Banyumas

Jl. Dr. Angka No. 45, Purwokerto Timur, Banyumas

 

Telepon      : (0281) 631222

WhatsApp  : 0813 – 2988 – 6288

E-mail       : lokapombms@gmail.com

Instagram  : @lokapom_banyumas

Youtube     : Loka POM Banyumas

 

Form online Indeks Kepuasan Masyarakat : bit.ly/IKMLokaBanyumas

Form online Informasi dan Pengaduan      : bit.ly/konsumenlokapombms


03/27/2020 - 15:09
“LAWAN CORONA” BPOM PANGKALPINANG LAKUKAN DISINFEKTAN DAN PEMBUATAN HAND SANITIZER

Untuk menjaga kondisi lingkungan aman dari paparan Virus Corona (Covid-19), Balai POM Pangkalpinang lakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh area Kantor seperti area pelayanan publik, ruang kerja termasuk juga laboratorium. Langkah ini diambil karena semakin banyaknya jumlah orang yang terpapar Virus Corona (Covid-19) di wilayah Indonesia.

 

03/23/2020 - 13:30
Cegah Penyebaran Covid-19, BBPOM di Mataram Sesuaikan Jam Operasional Layanan Publik

Mataram (23/03/2020). Menindaklanjuti Surat Edaran Nomor KP.11.01.2.25.03.20.25 Tahun 2020 Tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipili Negara (ASN) di Lingkungan Badan Pengawas Obat dan Makanan Dalam Upaya Kewaspadaan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19, maka BBPOM di Mataram selain melakukan penyesuaian jam ASN juga melakukan penyesuaian jam Layanan Publik yang efektif berlaku sejak tanggal 23 Maret 2020.

03/20/2020 - 15:01
Anggota DPD RI kunjungi BBPOM di Denpasar : Dukung UU POM dan Daya Saing UMKM

Jumat-20 Maret 2020, Anggota DPD RI, Arya Wedakarna berkunjung ke Balai Besar POM di Denpasar. Dalam sambutan hangat Kepala Balai Besar POM di Denpasar, Ni GAN Suarningsih disampaikan pula rasa terimakasih atas kepedulian Anggota DPD RI Wilayah Bali ini, saat adanya kasus CoVID -19 yang menurunkan kualitas dan kuantitas perekonomian Bali.