Home » Berita Rb » Lebih Dekat Dengan Konsumen Bpom Melalui Program Cangkru’

Lebih Dekat dengan Konsumen BPOM Melalui Program CangKru’An

Sebagai upaya memberikan pelayanan prima kepada konsumen, Balai Besar POM di Surabaya membuka program layanan tatap muka secara virtual. Program yang berjudul CangKru’An (binCang dengan Kru layanAn) ini merupakan inovasi untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan konsumen terhadap layanan publik Balai Besar POM di Surabaya.

Dengan mengangkat topik Pendaftaran Pangan Olahan, awal pelaksanaan program CangKru’An dilakukan pada Jumat (26/02/2021) secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Bertindak sebagai narasumber, Yuli Ekowati, Pengawas Farmasi dan Makanan Ahli Madya BBPOM di Surabaya, memaparkan tata cara melakukan pendaftaran izin edar pangan olahan di BPOM. Pada sesi diskusi, peserta dapat langsung bertanya kepada narasumber mengenai pendaftaran pangan olahan, dipandu oleh Riski Permata Putri, Pengawas Farmasi dan Makanan Ahli Muda BBPOM di Surabaya, sebagai moderator.

Dihadiri oleh puluhan pelaku usaha dan UMKM yang bergerak di bidang pangan, program CangKru’An ini sukses mendapatkan apresiasi positif. Aini, peserta yang berasal dari UMKM “Shatsa Food”, menyatakan apresiasi pada BBPOM di Surabaya yang telah memfasilitasi layanan konsultasi secara virtual dan mengharapkan kegiatan ini dapat diadakan rutin. Semoga dengan adanya kegiatan CangKru’An, layanan BBPOM di Surabaya dapat dinikmati oleh seluruh konsumen yang tersebar di wilayah Jawa Timur tanpa terkendala jarak dan kondisi pandemi Covid-19.

 

Tim PMWMS BBPOM di Surabaya


04/16/2021 - 15:24
Closing Meeting Evaluasi Regional I SAKIP Balai POM di Pangkalpinang

Setelah melalui tiga hari pelaksanaan Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Regional I, akhirnya pada Kamis, 16 April 2021 dilakukan proses Closing Meeting. Bertempat di Ruang Aula Balai POM di Pangkalpinang acara digelar secara sederhana dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Hadir pada acara ini Inspektur Utama Badan POM, Dra. Mayagustina Andarini, Apt., M.Sc. dan Inspektur II, Dra. Zulaimah, Apt., M.Si. beserta Tim Evaluator.

04/16/2021 - 10:02
BPOM HSU Lakukan Intensifikasi Pengawasan Pangan Olahan di Bulan Ramadhan dan Menjelang Hari Raya Tahap II

Meski di tengah pandemi, masyarakat Indonesia tetap semangat menyambut bulan suci Ramadhan 1442 H. Pada kondisi ini pula BPOM HSU terus bekerja demi melindungi masyarakat dengan pengawalan keamanan produk pangan selama Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Petugas tetap menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19 saat melakukan kegiatan tersebut. Pada minggu pertama kegiatan telah dilaksanakan selama 3 hari, pada tanggal 13-15 April 2021 di 3 kabupaten yang berbeda yaitu Kab. Hulu Sungai Utara, Kab. Balangan, dan Kab. Tabalong.

04/15/2021 - 08:31
INTENSIFIKASI PENGAWASAN WADAI RAMADHAN

Wadai berasal dari bahasa Banjar yang artinya kue. Banyak jenis wadai yang dijajakan. Pedagang wadai membludak ketika Ramadhan tiba. Hal ini merupakan tradisi masyarakat setempat dalam memaknai suasana Ramadhan. Beberapa jenis wadai dicurigai menggunakan bahan berbahaya. Oleh karenanya, Sebagai Pengawas Obat dan Makanan, BBPOM di Banjarmasin melakukan intensifikasi pengawasan wadai ramadhan dengan isi kegiatan berupa sampling wadai kemudian dilakukan pengujian Formalin, Boraks, Methanyl yellow dan Rodhamin B, serta memberikan edukasi terkait pangan aman.