Home » Berita Rb » Layanan Pengaduan Dan Informasi Konsumen Semester Ii Tahun 2020

Layanan Pengaduan dan Informasi Konsumen Semester II Tahun 2020

Sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Lingkungan Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM), Loka POM di Kabupaten Banyumas dengan wilayah pengawasan meliputi Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Banjarnegara, turut mendukung kinerja dan meningkatkan kualitas layanan publik Badan POM dengan membuka Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) di loket informasi obat dan makanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Banyumas mulai tanggal 31 Januari 2020. Loket informasi tersebut melayani informasi seputar registrasi izin edar 5 (lima) komoditas di bawah pengawasan Badan POM, yakni (1). Obat, (2). Obat Tradisional, (3). Kosmetik, (4) Pangan, dan (5) Suplemen Kesehatan dan juga pengaduan konsumen terkait obat dan makanan.

Selama pandemi COVID-19, layanan informasi dan pengaduan konsumen tetap dibuka baik secara langsung maupun semi-elektronik. Konsumen bisa melakukan konsultasi tatap muka dengan petugas  maupun via url bit.ly, media sosial, nomor telepon, dan kontak WhatsApp yang telah disediakan. Sebagai tindak lanjut adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), mulai bulan September 2020, konsumen bisa melakukan konsultasi di loket informasi MPP Banyumas tiap hari senin dan rabu pukul 08:00 – 15:30 WIB. serta jum’at pukul 08:00 – 15:00 WIB . Adapun konsultasi langsung pada hari Selasa dan Kamis dibuka di Kantor Loka POM di Kabupaten Banyumas pukul 08:00 – 16:00 WIB tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Jumlah layanan konsumen Loka POM di Kabupaten Banyumas pada semester II yakni 332 layanan dengan rincian berdasarkan komoditas dari nilai yang terbesar adalah sebagai berikut: 1. Pangan: 195 (58%), 2. Info Umum: 66 (20%), 3. Obat Tradisional: 32 (9,6%), 4. Kosmetik: 25 (7,5%), 5. Obat: 8 (2,4%), 6. Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT): 4 (1,2%), 7. Suplemen Kesehatan: 1 (0,3%), dan 8. Alat Kesehatan: 1 (0,3%). Rincian berdasarkan topik adalah sebagai berikut: 1. Legalitas: 232 (70%), 2. Informasi Umum: 70 (21%), 3. Mutu Produk: 13 (3,9%), 4. Infromasi lain tentang produk: 11 (33,2%), dan 5. Penandaan: 6 (1,8%). Total layanan tersebut telah 100% selesai ditindaklanjuti.  

Adapun layanan pengaduan informasi obat dan makanan Loka POM di Kabupaten Banyumas pada semester II sejumlah 18 layanan dengan rincian berdasarkan komoditas yakni: 1. Obat: 3 (17%), 2. Pangan: 6 (33%), 3. OT: 6 (33%), 4. Kosmetik: 2 (11%), dan 5. Info Umum 1 (5,5%). Sementara berdasarkan topik pengaduan sebagai berikut: 1. Legalitas: 14 (77%), 2. Info umum: 2 (11%), 3. Mutu: 1 (5,5%), dan 4. Info lain tentang produk: 5,5 (%). Total layanan tersebut telah 100% selesai ditindaklanjuti.

Sahabat Loka POM, ULPK Loka POM Banyumas berkomitmen untuk terus mempertahankan pelayanan prima. Silahkan kunjungi loket kami untuk informasi dan pengaduan masyarakat seputar obat dan makanan.

Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Loka POM Banyumas

Mal Pelayanan Publik (MPP) Kab. Banyumas

Jl. Dr. Angka No. 45, Purwokerto Timur, Banyumas

Layanan Masyarakat Semi-Elektronik Loka POM Banyumas

Telepon      : (0281) 631222

WhatsApp  : 0813 – 2988 – 6288

E-mail       : lokapombms@gmail.com

Instagram  : @lokapom_banyumas

Youtube     : Loka POM Banyumas

Tik-tok       : @lokapombanyumas

 

Form online Indeks Kepuasan Masyarakat : bit.ly/ikmlokabanyumas

Form online Informasi dan Pengaduan      : bit.ly/konsumenlokabanyumas


01/19/2021 - 16:25
Rapat Kaji Ulang Manajemen / Tinjauan Manajemen ISO 17025:2017 dan Awerness QMS ISO 9001:2015

Palangka Raya - Dalam rangka pelaksanan Integrasi sistem Mutu ISO 9001:2017 dan ISO 17025:2017 di BBPOM Palangka Raya telah dilaksanakan Rapat Kaji Ulang Manajemen / Tinjauan Manajemen  ISO 17025:2017 dan Awerness QMS ISO 9001:2015 di Aula BBPOM Palangka Raya pada tanggal 18 Januari 2021. Rapat ini dipimpin langsung oleh Kepala Balai Besar POM di Palangka Raya Bapak Drs.

01/19/2021 - 16:25
Rapat Kaji Ulang Manajemen / Tinjauan Manajemen ISO 17025:2017 dan Awerness QMS ISO 9001:2015

Palangka Raya - Dalam rangka pelaksanan Integrasi sistem Mutu ISO 9001:2017 dan ISO 17025:2017 di BBPOM Palangka Raya telah dilaksanakan Rapat Kaji Ulang Manajemen / Tinjauan Manajemen  ISO 17025:2017 dan Awerness QMS ISO 9001:2015 di Aula BBPOM Palangka Raya pada tanggal 18 Januari 2021. Rapat ini dipimpin langsung oleh Kepala Balai Besar POM di Palangka Raya Bapak Drs.

01/19/2021 - 11:01
Balai Besar POM di Medan terus membenahi diri dalam rangka mewujudkan zona integritas WBBK/WBBM yang menjadi target di tahun 2021

Balai Besar POM di Medan terus membenahi diri dalam rangka mewujudkan zona integritas WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) yang menjadi target di tahun 2021, berdasarkan Peraturan MENPAN-RB Nomor 10 Tahun 2019 mengenai pedoman pembangunan zona integritas, peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kualitas dan inovasi pelayanan publik pada masing-masing instansi pemerintah terutama Balai Besar POM di Medan secara berkala sesuai kebutuhan