Home » Berita Rb » Launching Inovasi Pelayananan Terpadu Satu Pintu Ptsp Bpom Mall Di Hut Bpom Ke 19

Launching Inovasi Pelayananan Terpadu Satu Pintu (PTSP) BPOM @mall di HUT BPOM ke-19

Ambon (11/02) - Puncak rangkaian HUT BPOM ke-19 dilaksanakan di Lapangan Merdeka Kota Ambon pada Sabtu 08 Februari 2020 dengan tema “Perkuatan Kelembagaan dan SDM BPOM Menuju Masyarakat Sehat dan Berdaya Saing”.

 

Acara dibuka oleh Sekretaris Kota Ambon, A.G. Latuheru dan dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Propinsi Maluku, Widya Murad Ismail dan Beatrix Orno, Kepala OPD Provinsi Maluku dan Kota Ambon, stakeholder terkait yang selama ini telah melaksanakan kerjasama yang baik dan saling mendukung dalam pelaksanaan pengawasan obat dan makanan di Maluku serta masyarakat Kota Ambon. Acara diawali dengan senam bersama dipandu oleh instruktur-instruktur senam kenamaan Kota Ambon.

 

Dalam sambutannya Sekretaris Kota Ambon menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Balai POM di Ambon dalam tugas dan fungsinya melindungi masyarakat Maluku dari obat dan makanan yang tidak memenuhi persyaratan keamanan, mutu dan khasiat/manfaat sehingga mampu mewujudkan masyarakat yang sehat dan berdaya saing. Beliau juga berharap kedepan  agar Balai POM di Ambon untuk terus menjaga hubungan baik dengan OPD terkait yang telah lama terjalin sehingga sinergitas yang diharapkan bisa optimal dicapai untuk perkuatan kelembagaan Badan POM.

 

Kepala Balai POM di Ambon, Dra. Hariani, Apt dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Maluku dan Kota Ambon atas dukungan selama ini kepada Balai POM di Ambon dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Kepala Balai juga memperkenalkan 2 inovasi unggulan BPOM untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yakni: (1) Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) @ mall dan (2) UMKM Jumping

 

Adapun inovasi PTSP @ mall bertujuan BPOM mendekatkan diri dan mempermudah masyarakat dalam melakukan pengaduan, permintaan informasi terkait obat dan makanan termasuk didalamnya informasi registrasi produk (e-registration) maupun Sertifikasi (CDOB). Adapun lokasi PTSP @ mall berada di Farmers Market. Layanan ini dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu pukul 10:00-16:00 WIT. Sedangkan inovasi UMKM Jumping bertujuan untuk penjaringan dan pendampingan UMKM untuk mendapatkan ijin edar BPOM berupa MD meliputi pemeriksaan sarana dalam rangka pemenuhan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB), pengujian sampel dan proses e-registration untuk mendapatkan ijin edar.

 

Launching PTSP @ mall ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua TP PKK Provinsi Maluku, Widya Murad Ismail didampingi oleh Kepala Balai POM di Ambon, Wakil Ketua TP PKK Propinsi Maluku Beatrix Orno dan Sekretaris Kota Ambon, A.G. Latuheru.

 

Ibu Widya Murad Ismail dan stakeholder melakukan peninjauan ke fasilitas mobil laboratorium keliling pengujian cepat untuk sampel pangan yang mengandung BB dan booth pemeran produk-produk ilegal yang ditemukan selama pengawasan di Maluku. Besar harapan beliau kepada BPOM untuk terus melindungi masyarakat dari paparan bahan dilarang dalam produk obat, pangan, kosmetika, obat tradisional dan suplemen kesehatan.

 

BPOM di Ambon pada kesempatan ini menyerahkan penghargaan sebagai bentuk apresiasi dan ucapan terimakasih kepada 15 stakeholder yang selama ini telah bersinergi dalam rangka pengawasan obat dan makanan di Provinsi Maluku serta penyerahan piala kepada pemenang lomba rangking I keamanan pangan tingkat SD dan lomba jingle pompi yang diupload di youtube dan Instagram yang telah diselenggarakan beberapa hari sebelumnya.

 

Acara juga dimeriahkan dengan aksi sosial yakni donor darah, pemeriksaan kesehatan gratis, konseling obat oleh Ikatan Apoteker Indonesia Maluku serta layanan informasi / pengaduan BPOM di Ambon (MVA).

 

Dirgahayu Badan POM RI ke–19. Jayalah negeriku.

Kontributor: Pelayanan Publik-BPOM di Ambon


03/27/2020 - 15:09
“LAWAN CORONA” BPOM PANGKALPINANG LAKUKAN DISINFEKTAN DAN PEMBUATAN HAND SANITIZER

Untuk menjaga kondisi lingkungan aman dari paparan Virus Corona (Covid-19), Balai POM Pangkalpinang lakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh area Kantor seperti area pelayanan publik, ruang kerja termasuk juga laboratorium. Langkah ini diambil karena semakin banyaknya jumlah orang yang terpapar Virus Corona (Covid-19) di wilayah Indonesia.

 

03/23/2020 - 13:30
Cegah Penyebaran Covid-19, BBPOM di Mataram Sesuaikan Jam Operasional Layanan Publik

Mataram (23/03/2020). Menindaklanjuti Surat Edaran Nomor KP.11.01.2.25.03.20.25 Tahun 2020 Tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipili Negara (ASN) di Lingkungan Badan Pengawas Obat dan Makanan Dalam Upaya Kewaspadaan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19, maka BBPOM di Mataram selain melakukan penyesuaian jam ASN juga melakukan penyesuaian jam Layanan Publik yang efektif berlaku sejak tanggal 23 Maret 2020.

03/20/2020 - 15:01
Anggota DPD RI kunjungi BBPOM di Denpasar : Dukung UU POM dan Daya Saing UMKM

Jumat-20 Maret 2020, Anggota DPD RI, Arya Wedakarna berkunjung ke Balai Besar POM di Denpasar. Dalam sambutan hangat Kepala Balai Besar POM di Denpasar, Ni GAN Suarningsih disampaikan pula rasa terimakasih atas kepedulian Anggota DPD RI Wilayah Bali ini, saat adanya kasus CoVID -19 yang menurunkan kualitas dan kuantitas perekonomian Bali.