Home » Berita Rb » Kunjungan Walikota Pangkalpinang Ke Balai Pom Dalam Upaya Peningkatan Sinergisme Pelayanan

Kunjungan Walikota Pangkalpinang ke Balai POM Dalam Upaya Peningkatan Sinergisme Pelayanan Publik

Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil melakukan kunjungan ke Balai POM di Pangkalpinang pada hari Kamis 11 April 2019. Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari rencana Walikota Pangkalpinang yang telah disampaikan pada acara Car Free Day HUT BPOM Ke-18 di Alun-alun Taman Merdeka, pada kegiatan tersebut Walikota Pangkalpinang menyatakan komitmennya untuk menggerakkan roda perekonomian di Pangkalpinang melalui pertumbuhan di sektor industri padat karya, salah satunya adalah industri kecil dan menengah di bidang pangan olahan. Kedatangan Walikota Pangkalpinang ini disambut langsung oleh Kepala Balai POM di Pangkalpinang, Hermanto, S.Si., Apt., MPPM beserta Kepala Seksi Informasi dan Komunikasi, Andhika Achmad Sugiarto, S.Farm., Apt.

 

Dalam kesempatan ini, Walikota menyampaikan bahwa saat ini, Pemerintah Kota Pangkalpinang tengah menyiapkan program fasilitasi kepada para investor untuk bisa dengan mudah berinvestasi di Pangkalpinang, di mana salah satu sektor industri yang menjadi pokok perhatiannya adalah pangan olahan. Walikota memahami bahwa Pangkalpinang yang berada di Pulau Bangka, saat ini telah menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik, baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara, oleh karena itu beraneka ragam makanan yang diperdagangkan harus dipastikan keamanannya, yakni memiliki izin edar pangan olahan. Sejalan dengan keinginan Walikota, Kepala Balai POM di Pangkalpinang menyampaikan bahwa saat ini BPOM telah melakukan pendampingan Kepada UMKM sektor pangan olahan yang ingin mendaftarkan produknya ke Badan POM, mulai dari penjelasan proses registrasi dan persyaratannya, kemudahan dalam melakukan pengujian produk, pemangkasan biaya pendaftaran per merk produk, serta sampai pada pendampingan dalam proses penerapan GMP. Dengan adanya pendampingan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan animo dan semangat para pelaku usaha untuk mendaftarkan produknya ke Badan POM, sehingga saat produk tersebut dipasarkan telah terjamin keamanannya dan legalitasnya.

 

Menanggapi hal tersebut, Walikota Pangkalpinang sangat mengapresiasi kinerja Balai POM di Pangkalpinang dalam memberikan layanan publiknya, beliau berharap agar Balai POM senantiasa menjaga komitmennya dalam melakukan pendampingan kepada pelaku usaha UMKM pangan olahan. Menurut beliau, dengan berkembangnya pelaku usaha tersebut, maka akan turut juga memberikan andil dalam memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat luas. Oleh karena itu, kerja sama dan koordinasi yang telah berjalan baik selama ini dengan Pemerintah Kota Pangkalpinang diharapkan dapat terus dijaga dan ditingkatkan kualitasnya.

Balai POM di Pangkalpinang


11/16/2021 - 08:51
BPOM Ambon Siap Dukung Program Kampus Merdeka Universitas Pattimura

Ambon (16/11) – Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Patiimura (Unpatti) Ambon Maluku melakukan Forum Grup Discussion (FGD) bertempat di Fakultas Pendidikan Kampus Unpatti Poka Ambon Maluku, Jumat (12/11). Kegiatan ini mengundang BPOM Ambon, BRIN Maluku, BTKL Ambon dan Baristan Ambon.

 

11/03/2021 - 06:42
Kunjungan Balai Besar POM Manado di Balai POM Ambon

Ambon (02/11) – Balai Pengawas Obat dan Makanan di Ambon menerima kunjungan Studi Tiru dari Balai Besar POM Manado. Kegiatan kunjungan ini di ikuti oleh Kepala Balai Besar POM di Manado, Dra. Hariani, Apt serta Perwakilan Staf Bagian Pemeriksaan, Pengujian dan Infokom. Kunjungan ini disambut dengan baik oleh Plh Kepala Balai POM di Ambon Leindhard S.D Simatauw, SH. MH beserta Korpoksi Pengujian dan seluruh staf Balai POM di Ambon.

11/02/2021 - 14:48
Audiensi Kepala BPOM Ambon dan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah

Ambon (02/11) - Kepala BPOM di Ambon, Hermanto, S.Si., Apt., MPPM didampingi Korpoksi Pemeriksaan, M.S. Tokan Ola, S.Farm, Apt melakukan kunjungan dalam rangka silaturahmi dan audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah. Ini merupakan kunjungan kali pertama Bapak Hermanto sebagai Kepala BPOM di Ambon ke Pemerintah Kab Maluku tengah dan bertemu dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tengah, DR. Rakib Sahubawa, S.Pi, M.Si.