Home » Berita Rb » Kelompok Substansi Pengujian Bbpom Di Mataram Selenggarakan Kegiatan Diseminasi Hasil

Kelompok Substansi Pengujian BBPOM di Mataram Selenggarakan Kegiatan Diseminasi Hasil Pelatihan Tahun 2021

Mataram - Jumat (10/09/2021) Kelompok Substansi Pengujian Balai Besar POM di Mataram mengadakan kegiatan Diseminasi Hasil Pelatihan Tahun 2021 yang diikuti secara daring oleh seluruh staf Pengujian baik Subkelompok Substansi Pengujian Kimia maupun Mikrobiologi. Diseminasi hasil pelatihan dipaparkan oleh lima narasumber yang telah mengikuti pelatihan dalam rangka peningkatan kompetensi dari P3OMN Badan POM dengan materi seputar pengujian obat, kosmetik dan pangan. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Koordinator Kelompok Substansi Pengujian, Dra. Menik Sri Witarti, Apt., MM. yang dalam arahannya menyampaikan agar staf Pengujian mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dan pemaparan materi. Diharapkan semua staf mengetahui prosedur pengujian obat, kosmetik dan pangan sehingga lebih mudah dilakukan penyesuaian apabila terdapat rotasi penempatan antar laboratorium di Balai Besar POM di Mataram. 

 

Pemaparan pertama disampaikan oleh Penyelia Laboratorium Pengujian Obat, Putu Gita Iswari, S.Farm, Apt. dengan dua materi yaitu “Pengujian Rapid Test untuk Sediaan Obat” dan “Pengujian Identifikasi NAPPZA secara GCMS”. Sebelumnya, telah dilaksanakan pelatihan terkait materi tersebut oleh P3OMN secara daring pada tanggal 28 Juni sampai 2 Juli 2021. Materi selanjutnya dengan judul “Pelatihan Internal Penetapan Kadar Asam Laktat dan Glikolat dalam Sediaan Kosmetik secara KCKT” disampaikan oleh Putu Eka Wahyuningsih, S.Si. yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan dari P3OMN pada tanggal 7-11 Juni 2021.

 

Selain bahasan terkait pengujian obat dan kosmetik, juga dipaparkan pengujian pangan dengan materi “PAI Penetapan Kadar Logam Pb dalam Yogurt secara Spektrofotometri Serapan Atom Tungku Karbon”. Pelatihan terkait materi ini telah dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus sampai 3 September 2021 oleh P3OMN Badan POM. Diseminasi disampaikan oleh Wayan Krisnayanti, S.Farm., Apt. dan Atika Andriani, S.Farm., Apt. Ditayangkan pula video proses pengujian mulai dari preparasi hingga pembacaan pada alat Atomic Absorption Spectrophotometry (AAS).

 

Diseminasi hasil pelatihan tidak hanya terkait pengujian kimia namun juga pengujian mikrobiologi. Materi pertama pengujian mikrobiologi berjudul “Potensi Antibiotik Campuran” disampaikan oleh staf Laboratorium Pengujian Mikrobiologi, Alham Dani Kembang, S.Si. Selain itu, disampaikan pula materi “DNA Spesifik Spesies” oleh I Gusti Made Aryama Jelantik, S.Si dari Laboratorium Pengujian Mikrobiologi sebagai materi terakhir.

 

Kegiatan Diseminasi Hasil Pelatihan Tahun 2021 ditutup oleh Subkoordinator Subkelompok Substansi Pengujian Kimia, I Putu Ngurah Apri Susilawan, S,Si., M.Si. yang juga menyampaikan terimakasih karena kegiatan telah berjalan dengan lancar dan bermanfaat. Pengujian laboratorium sebagai salah satu cara untuk mengetahui apakah Obat dan Makanan telah memenuhi syarat keamanan, khasiat/manfaat dan mutu, maka peningkatan kapasitas dan kapabilitas penguji laboratorium menjadi elemen kunci untuk memastikan hasil pengujian. Dengan hasil pengujian yang valid dan dapat dipercaya, maka khasiat/manfaat, keamanan dan mutu Obat dan Makanan yang beredar di masyarakat dapat dijamin oleh Badan POM.



BBPOM di Mataram

Profesional, Inovatif, Responsif, Berintegritas

 

WBK WBBM

Pasti Bisa Yes Yes Yes

 

#BBPOMdiMataram

#WilayahBebasKorupsi

#ReformasiBirokrasi

#BadanPOMRI

#SeputarBPOM

#HaloBPOM1500533

 


09/25/2021 - 20:12
Kolaborasi Perkuat Kemampuan Deteksi Hoaks

JAKARTA - Informasi hoaks yang beredar kian massif dan meresahkan masyarakat. Apa lagi di tengah pandemi, beragam hoaks seputar COVID-19  tak hanya beredar melalui platform media sosial, bahkan telah merambah ke media komunikasi keluarga seperti whatsapp. Kondisi ini tentu memerlukan penanganan segera karena membawa dampak terhadap masyarakat terutama terkait kesehatan.

09/24/2021 - 10:11
Anugerah Rekor MURI untuk Pembentukan 1010 Duta Keamanan Pangan

Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, Balai Besar POM di Yogyakarta telah melakukan berbagai inovasi antara lain 1) Aplikasi New Kulinerku Oke, 2) Aplikasi e-PSB untuk proses pendaftaran ijin edar pangan, 3) Aplikasi Hitung Nilai Gizi untuk mempermudah UMKM dalam pencantuman label Informasi Nilai Gizi, 4) Inovasi One Day Service untuk pengujian sampel dari kepolisian, serta pengurangan beberapa time line pengujian sampel dari pihak eksternal, 5) Inovasi Paris (papan aspirasi dan inspirasi) untuk menjaring masukan dari masyarakat dan

09/24/2021 - 09:58
Pencanangan WBBM BBPOM di Yogyakarta

Reformasi Birokrasi merupakan salah satu langkah awal mendukung program pemerintah untuk mewujudkan good governance dan clean government yang telah dilakukan dengan langkah-langkah strategis melalui pembangunan Zona Integritas.  Setelah mendapatkan predikat WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) pada tahun 2019, Balai Besar POM di Yogyakarta terus berusaha meningkatkan performance-nya dengan target tahun 2021 mendapatkan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).