Home » Berita Rb » Kegiatan Kaji Ulang Manajemen Laboratorium Balai Besar Pom Di Samarinda

KEGIATAN KAJI ULANG MANAJEMEN LABORATORIUM BALAI BESAR POM DI SAMARINDA

KUM (Kaji Ulang Manajemen) Laboratorium merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun sebagai implementasi penerapan sistem mutu ISO/IEC 17025:2017. Tujuan kaji ulang manajemen untuk mengevaluasi efektifitas dan efisiensi penerapan sistem manajemen serta mengkaji hal-hal yang berkaitan dengan tindakan korektif, tindak lanjut program dan evaluasi sasaran mutu

Pada hari Selasa, tanggal 31 Desember 2019, BBPOM di Samarinda telah melaksanakan Kaji Ulang Manajemen Laboratorium tahun 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Balai BBPOM di Samarinda, Kepala Bidang Pengujian, Kepala Seksi Pengujian Kimia, Kepala Seksi Pengujian Mikrobiologi dan seluruh staf Bidang Pengujian. Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan pihak eksternal pengujian seperti Bagian Tata Usaha, Bidang Informasi dan Komunikasi, Bidang Pemeriksaan, dan Bidang Penindakan.

Kegiatan Kaji Ulang Manajemen Laboratorium secara resmi dibuka oleh Bapak Drs. Leonard Duma, Apt., MM selaku Kepala Balai Besar POM di Samarinda. Dalam Pembukaan, Kepala Balai menekankan bahwa hasil dari kegiatan Kaji Ulang Manajemen harus dapat memperkuat penerapan reformasi birokrasi BBPOM di Samarinda menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani).

Kaji Ulang Manajemen Laboratorium tahun 2019 membahas perubahan isu internal dan eksternal organisasi yang relevan bagi laboratorium, pencapaian sasaran, kecukupan kebijakan dan prosedur, status tindakan dari Kaji Ulang Manajemen tahun 2018, hasil audit internal, tindakan korektif, asesmen oleh pihak eksternal, perubahan volume dan jenis pekerjaan laboratorium, umpan balik pelanggan dan personel tahun 2019, keluhan, efektivitas dari peningkatan yang diimplementasikan, kecukupan sumberdaya, hasil identifikasi resiko, hasil penjaminan keabsahan, hasil laboratorium, dan faktor relevan lain seperti kegiatan pemantauan dan pelatihan.


01/28/2020 - 19:58
Perkuat Pengawalan CPOB Industri Farmasi, Badan POM Optimalkan Manajemen Inspeksi CPOB

Surabaya - Sebagai bagian dari komitmen Badan POM untuk senantiasa memperkuat sinergi dan koordinasi pusat dan daerah, Direktorat Pengawasan Produksi Obat, Narkotika, Psikotropika dan Prekursor secara berkelanjutan menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pusat, Balai dan Loka POM dalam Kajian Manajemen Inspeksi Cara Produksi Obat yang Baik (CPOB) di Surabaya, Selasa (28/01).

01/27/2020 - 14:28
Perkuat Pengawasan Obat, Obat Hewan dan Pangan, Badan POM Kerja Sama dengan Kementerian Pertanian

Jakarta – Kerjasama Badan POM dengan Kementerian Pertanian dikukuhkan kembali melalui penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) Penguatan Pengawasan Obat, Obat Hewan dan Pangan dalam rangka Peningkatan Keamanan, Mutu, dan Daya Saing Produk Pertanian.  Penandatanganan ini berlangsung dalam kegiatan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) Pembangunan Pertanian Tahun 2020 yang diselenggarakan Kementerian Pertanian di Hotel Bidakara Jakarta, Senin (27/01).