Home » Berita Rb » Kawal Pengawasan Irtp Di Kabupaten Cilacap Loka Pom Banyumas Berikan Penyuluhan Keamanan

Kawal Pengawasan IRTP di Kabupaten Cilacap, Loka Pom Banyumas Berikan Penyuluhan Keamanan Pangan

Dalam rangka kegiatan pengawasan, pengendalian keamanan dan kesehatan makanan hasil produksi rumah tangga di Kabupaten Cilacap, Selasa, 04 Februari 2020, Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) di Kabupaten Banyumas hadir sebagai Narasumber dalam kegiatan Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap.

 

Penyuluhan tersebut dihadiri oleh 50 pemilik/penanggung jawab/pelaku usaha Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) di Kabupaten Cilacap. Pada kesempatan tersebut, disampaikan materi terkait Hygiene dan Sanitasi IRTP, Keamanan Pangan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Perundang-Undangan di Bidang Pangan, Cara Produksi Pangan yang Baik (CPPB) bagi Industri Rumah Tangga (IRT) dan Penggunaan Bahan Tambahan Pangan (BTP). Petugas juga menyampaikan tentang Label dan Iklan Pangan serta Pengenalan terkait aplikasi Cek BPOM dan Ayo Cek BTP.

 

Melalui adanya PKP bagi IRTP, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan para pelaku usaha dalam memproduksi pangan yang aman, layak dan bermutu sehingga masyarakat terlindungi dari konsumsi pangan yang merugikan terhadap kesehatan.

 

Loka POM di Kabupaten Banyumas senantiasa menghimbau masyarakat untuk selalu melakukan CEK KLIK yakni Cek Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa sebelum membeli produk obat dan makanan. Selain itu, masyarakat juga dihimbau agar waspada terhadap makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti Rhodamin-B, Methanil Yellow, Formalin dan Boraks.

 

Ayo Sadar Pangan Aman! Keamanan Pangan adalah tanggungjawab kita bersama.

 

Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Loka POM di Kabupaten Banyumas: 

Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Banyumas

Jl. Dr. Angka No. 45, Purwokerto Timur, Banyumas

 

Form online Indeks Kepuasan Masyarakat : bit.ly/IKMLokaBanyumas

Form online Informasi dan Pengaduan : bit.ly/konsumenlokapombms

 

Kontak Kantor Loka POM di Kabupaten Banyumas:

Telepon     : (0281) 631222

WhatsApp  : 0813 – 2988 – 6288

E-mail       : lokapombms@gmail.com

Instagram  : @lokapom_banyumas

Youtube     : Loka POM Banyumas

 


03/27/2020 - 15:09
“LAWAN CORONA” BPOM PANGKALPINANG LAKUKAN DISINFEKTAN DAN PEMBUATAN HAND SANITIZER

Untuk menjaga kondisi lingkungan aman dari paparan Virus Corona (Covid-19), Balai POM Pangkalpinang lakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh area Kantor seperti area pelayanan publik, ruang kerja termasuk juga laboratorium. Langkah ini diambil karena semakin banyaknya jumlah orang yang terpapar Virus Corona (Covid-19) di wilayah Indonesia.

 

03/23/2020 - 13:30
Cegah Penyebaran Covid-19, BBPOM di Mataram Sesuaikan Jam Operasional Layanan Publik

Mataram (23/03/2020). Menindaklanjuti Surat Edaran Nomor KP.11.01.2.25.03.20.25 Tahun 2020 Tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipili Negara (ASN) di Lingkungan Badan Pengawas Obat dan Makanan Dalam Upaya Kewaspadaan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19, maka BBPOM di Mataram selain melakukan penyesuaian jam ASN juga melakukan penyesuaian jam Layanan Publik yang efektif berlaku sejak tanggal 23 Maret 2020.

03/20/2020 - 15:01
Anggota DPD RI kunjungi BBPOM di Denpasar : Dukung UU POM dan Daya Saing UMKM

Jumat-20 Maret 2020, Anggota DPD RI, Arya Wedakarna berkunjung ke Balai Besar POM di Denpasar. Dalam sambutan hangat Kepala Balai Besar POM di Denpasar, Ni GAN Suarningsih disampaikan pula rasa terimakasih atas kepedulian Anggota DPD RI Wilayah Bali ini, saat adanya kasus CoVID -19 yang menurunkan kualitas dan kuantitas perekonomian Bali.