Home » Berita Rb » Kajian Pengawasan Pengolahan Hasil Perikanan Oleh Bbpom Makassar Bkipm Dan Kkp

Kajian Pengawasan Pengolahan Hasil Perikanan oleh BBPOM Makassar, BKIPM dan KKP

Makassar – Dalam rangka meningkatan pengawasan obat dan makanan, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Makassar terus menerus meningkatkan koordinasi dan kerjasama lintas sektor. Pengawasan produk olahan pangan, khususnya produk perikanan pun tidak lepas dari target kerjasama. Kepala BBPOM di Makassar, Bapak Abdul Rahim bersama dengan Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kota Makassar, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Makassar dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (Direktorat Jendral Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan) melakukan diskusi kajian pengawasan pengolahan hasil perikanan dengan para pelaku usaha pada hari ini (25/04/2019).

Mengambil tema “Mari Tingkatkan Ketaatan Pelaku Usaha di Bidang Pengolahan Hasil Perikanan Sesuai dengan Peraturan Perundang – undangan” para pelaku usaha diharapkan dapat memahami bahwa, semua bahan pangan yang akan digunakan sebagai bahan baku pangan olahan harus bebas dari bahan berbahaya, seperti formalin dan boraks ataupun pewarna sintetis yang bukan termasuk Bahan Tambahan Pangan (BTP) sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Diharapkan dengan adanya kerjasama BBPOM di Makassar dengan banyak stakeholder tersebut, pengawasan obat dan makanan yang dilakukan akan semakin efektif dan optimal dan juga dapat meningkatkan kemandirian dan ketaatan para pelaku usaha dalam bidang pengolahan hasil perikanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

 

Balai Besar POM di Makassar


11/16/2021 - 08:51
BPOM Ambon Siap Dukung Program Kampus Merdeka Universitas Pattimura

Ambon (16/11) – Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Patiimura (Unpatti) Ambon Maluku melakukan Forum Grup Discussion (FGD) bertempat di Fakultas Pendidikan Kampus Unpatti Poka Ambon Maluku, Jumat (12/11). Kegiatan ini mengundang BPOM Ambon, BRIN Maluku, BTKL Ambon dan Baristan Ambon.

 

11/03/2021 - 06:42
Kunjungan Balai Besar POM Manado di Balai POM Ambon

Ambon (02/11) – Balai Pengawas Obat dan Makanan di Ambon menerima kunjungan Studi Tiru dari Balai Besar POM Manado. Kegiatan kunjungan ini di ikuti oleh Kepala Balai Besar POM di Manado, Dra. Hariani, Apt serta Perwakilan Staf Bagian Pemeriksaan, Pengujian dan Infokom. Kunjungan ini disambut dengan baik oleh Plh Kepala Balai POM di Ambon Leindhard S.D Simatauw, SH. MH beserta Korpoksi Pengujian dan seluruh staf Balai POM di Ambon.

11/02/2021 - 14:48
Audiensi Kepala BPOM Ambon dan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah

Ambon (02/11) - Kepala BPOM di Ambon, Hermanto, S.Si., Apt., MPPM didampingi Korpoksi Pemeriksaan, M.S. Tokan Ola, S.Farm, Apt melakukan kunjungan dalam rangka silaturahmi dan audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah. Ini merupakan kunjungan kali pertama Bapak Hermanto sebagai Kepala BPOM di Ambon ke Pemerintah Kab Maluku tengah dan bertemu dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tengah, DR. Rakib Sahubawa, S.Pi, M.Si.