Home » Berita Rb » Kaji Ulang Manajemen Laboratorium Balai Besar Pom Di Bandung Tahun 2019

Kaji Ulang Manajemen Laboratorium Balai Besar POM di Bandung Tahun 2019

KUM (Kaji Ulang Manajemen) Laboratorium merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun sebagai implementasi penerapan sistem mutu ISO/IEC 17025:2017. Fungsi Kaji Ulang Manajemen Laboratorium yaitu mengetahui relevansi dan efektivitas sistem manajemen mutu sesuai arah dan tujuan organisasi.

Pada hari Rabu, tanggal 4 Desember 2019, BBPOM di Bandung telah melaksanakan Kaji Ulang Manajemen Laboratorium tahun 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Balai BBPOM di Bandung, Kepala Bidang Pengujian, Kepala Seksi Pengujian Kimia, Kepala Seksi Pengujian Mikrobiologi, Administrasi Pengujian dan seluruh staf Bidang Pengujian. Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan pihak eksternal pengujian seperti Bagian Tata Usaha, Bidang Informasi dan Komunikasi, Bidang Pemeriksaan, dan Bidang Penindakan.

Kegiatan Kaji Ulang Manajemen Laboratorium secara resmi dibuka oleh Bapak I Gusti Ngurah Bagus Kusumadewa, S.Si, Apt, MPPM selaku Kepala Balai Besar POM di Bandung. Dalam Pembukaan, Kepala Balai menekankan bahwa hasil dari kegiatan Kaji Ulang Manajemen harus dapat memperkuat penerapan reformasi birokarasi di BBPOM Bandung menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani). Pada kegiatan ini juga dilakukan pemaparan materi mengenai Kaji Ulang Manajemen oleh Yohanes Susanto Ridwan, M.Si, peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Tujuan pemaparan materi untuk memberikan pengetahuan dan menyegarkan kembali pemahaman mengenai Kaji Ulang Manajemen.

Kaji Ulang Manajemen Laboratorium tahun 2019 membahas perubahan isu internal dan eksternal organisasi yang relevan bagi laboratorium, pencapaian sasaran, kecukupan kebijakan dan prosedur, status tindakan dari Kaji Ulang Manajemen tahun 2018, hasil audit internal, tindakan korektif, asesmen oleh pihak eksternal, perubahan volume dan jenis pekerjaan laboratorium, umpan balik pelanggan dan personel tahun 2019, keluhan, efektivitas dari peningkatan yang diimplementasikan, kecukupan sumberdaya, hasil identifikasi resiko, hasil penjaminan keabsahan, hasil laboratorium, dan faktor relevan lain seperti kegiatan pemantauan dan pelatihan.


01/17/2020 - 16:13
Apel 17 Hari Bulan di Lingkungan Balai Besar POM di Pekanbaru

17 Januari 2020 Pelaksanaan Apel 17 Hari Bulan diikuti oleh seluruh ASN,  PPNPN serta siswa PKL yang ada di BBPOM di Pekanbaru. Pada kesempatan kali ini Kepala Balai Besar POM di Pekanbaru memberikan apresiasi kepada pegawai ON TIME Bulan Desember 2019 yang diperoleh oleh Ibu Yenita dan PPNPN ON TIME Bulan Desember 2019 yang diperoleh oleh Bapak Erisman.

 

01/17/2020 - 10:59
Apel Pagi Awal Tahun 2020 Dalam Rangka Membangun Zona Integritas Untuk Mewujudkan WBK / WBBM Di Lingkungan Balai Besar POM di Jakarta

Apel pagi awal tahun 2020 bertempat di Lapangan Apel Balai Besar POM di Jakarta, Jalan As’Syafiiyah 133 Cilangkap, Jakarta Timur pada hari Jum’at, 17 Januari  2019, dengan Pembina Apel Pagi Drs. Ketut Kusminarno, Apt, MM, Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar POM di Jakarta. Apel pagi 17 Januari 2020 diikuti oleh para pejabat dan seluruh pegawai di lingkungan Balai Besar POM di Jakarta.

01/17/2020 - 10:04
Apel Pembuka Tahun 2020 di Badan POM

Jakarta – Seluruh jajaran pegawai Badan POM melaksanakan apel pembukaan awal tahun 2020 di halaman kantor Badan POM, Jumat (17/01). Tema apel awal tahun ini adalah "Semangat Melayani dan Melindungi Masyarakat". Apel dipimpin oleh Kepala Pusat Data dan Informasi Badan POM, Yudianto. Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito selaku Pembina Apel memberikan arahan awal tahun secara langsung kepada seluruh peserta apel.