Home » Berita Rb » Jemput Bola Umkm Demi E Registration Pangan Olahan Di Bbpom Palembang

Jemput Bola UMKM Demi e-Registration Pangan Olahan di BBPOM Palembang

Balai Besar POM di Palembang bersama Direktorat Registrasi Pangan Olahan Badan POM RI mengadakan Bimbingan Teknis dan Pelayanan Prima e-Registration Pangan Olahan selama 2 hari dari tanggal 21 – 22 Maret 201 di Aula Balai Besar POM Palembang. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang pendaftaran pangan olahan dan memberikan pelayanan prima terkait permasalahan pendaftaran pangan olahan kepada pelaku usaha.

Dalam sambutan pembukaannya, Kepala Balai Besar POM di Palembang, Dra. Hardaningsih, Apt., MHSM., menyampaikan dukungan pemerintah, khususnya Badan POM RI dalam pemberdayaan UMKM sebagai wujud nyata take action program nasional Nawa Cita, karena UMKM menghadapi tantangan besar dalam pemasaran produknya, sehingga Badan POM RI harus melakukan berbagai upaya dalam mendukung industri pangan khususnya UMKM agar mampu bersaing di pasar bebas.

Kegiatan diikuti 45 orang peserta yang berasal dari industri es Kristal, UMKM olahan ikan (pempek), UMKM garam, dan Industri Rumah Tangga Pangan lainnya yang ada di provinsi Sumatera Selatan. Peserta menerima materi terkait Profil Pelaksanaan Sertifikasi Pangan Olahan yang disampaikan langsung oleh kepala BBPOM di Palembang ibu Dra. Hardaningsih, Apt., MHSM, Tata Cara Perizinan Industri Rumah Tangga oleh Arif Akhid, S.Sos., MM dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palembang, dan terkait registrasi pangan olahan yang disampaikan langsung oleh Dwi Jarwati, S.Si., Apt., M.P., dan Sri Yuniarti, St., MP dari Direktorat Registrasi Pangan Olahan Badan POM RI. Hari pertama ditutup dengan workshop pendaftaran pangan olahan secara on-line yang dipandu oleh Resna Nur Apriani, STP dan Dita Herdiani, S.Farm., Apt.

Hari kedua kegiatan diisi dengan pelayanan prima pendaftaran pangan olahan berupa layanan help desk bagi sarana produksi pangan olahan untuk konsultasi dan proses pendaftaran pangna olahan. Konsultasi yang diberikan meliputi tata cara pendaftaran dan pemeriksaan sarana bangunan, serta proses pendaftaran produk. Layanan prima yang diberikan pada hari tersebut telah mengeluarkan 16 Nomor Izin Edar (NIE) dan 2 akun baru untuk perusahaan yang telah mendapatkan rekomendasi dari BBPOM Palembang.

Balai Besar POM di Palembang


11/16/2021 - 08:51
BPOM Ambon Siap Dukung Program Kampus Merdeka Universitas Pattimura

Ambon (16/11) – Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Patiimura (Unpatti) Ambon Maluku melakukan Forum Grup Discussion (FGD) bertempat di Fakultas Pendidikan Kampus Unpatti Poka Ambon Maluku, Jumat (12/11). Kegiatan ini mengundang BPOM Ambon, BRIN Maluku, BTKL Ambon dan Baristan Ambon.

 

11/03/2021 - 06:42
Kunjungan Balai Besar POM Manado di Balai POM Ambon

Ambon (02/11) – Balai Pengawas Obat dan Makanan di Ambon menerima kunjungan Studi Tiru dari Balai Besar POM Manado. Kegiatan kunjungan ini di ikuti oleh Kepala Balai Besar POM di Manado, Dra. Hariani, Apt serta Perwakilan Staf Bagian Pemeriksaan, Pengujian dan Infokom. Kunjungan ini disambut dengan baik oleh Plh Kepala Balai POM di Ambon Leindhard S.D Simatauw, SH. MH beserta Korpoksi Pengujian dan seluruh staf Balai POM di Ambon.

11/02/2021 - 14:48
Audiensi Kepala BPOM Ambon dan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah

Ambon (02/11) - Kepala BPOM di Ambon, Hermanto, S.Si., Apt., MPPM didampingi Korpoksi Pemeriksaan, M.S. Tokan Ola, S.Farm, Apt melakukan kunjungan dalam rangka silaturahmi dan audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah. Ini merupakan kunjungan kali pertama Bapak Hermanto sebagai Kepala BPOM di Ambon ke Pemerintah Kab Maluku tengah dan bertemu dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tengah, DR. Rakib Sahubawa, S.Pi, M.Si.