Home » Berita Rb » Evaluasi Sertifikasi Cara Distribusi Obat Yang Baik Cdob

Evaluasi Sertifikasi Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB)

Palembang, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Palembang selalu melaksanakan penjaminan obat dan makanan yang aman, oleh karena itu pada hari jum''at tanggal 11 Oktober 2019 bertempat di BBPOM di Palembang telah dilaksanakan pertemuan evaluasi sertifikasi Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB) dan penyaluran Obat Lintas Provinsi. Kegiatan pertemuan ini dihadiri oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, DPMPTSP Provinsi Sumatera Selatan dan Pimpinan/

Sertifikasi CDOB merupakan mandatory/ wajib harus dilaksanakan dan dimiliki oleh PBF. Tujuan penerapan CDOB tidak lain adalah untuk menjamin obat yang didistribusikan asli, aman dan mencegah terjadinya penyimpangann yang akhirnya disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Sekaitan dengan sertifikasi CDOB, penyaluran lintas provinsi juga berpotensi terhadap penyimpangan penyaluran obat sehingga perlu adanya pengawasan terhadap item,jumlah dan tujuannya.

Dalam kesempatan tersebut, disampaikan oleh Kepala BBPOM di Palembang, Dra. Hardaningsih, Apt., MHSM, penerapan CDOB ini harus segera dilaksanakan oleh seluruh PBF di Provinsi Sumatera Selatan, dimana seperti yang disampaikan bahwa dari 49 PBF yang ada, baru 36 PBF yang telah memiliki sertifikat CDOB, 9 PBF dalam proses perbaikan CAPA, 2 telah mendapat rekomendasi sertifikat CDOB dan 2 PBF belum melengkapi persyaratan yang ditentukan. Terkait dengan hal itu, ditekankan bahwa tahun 2019 ini, semua PBF harus telah memiliki sertifikat CDOB sehingga perlu komitmen yang kuat dari semua Pimpinan PBF yang ada. Penyaluran obat lintas provinsi juga disampaikan untuk dilakukan pelaporan guna pengawasan terhadap potensi penyimpangan penyaluran.

Selain oleh Kepala BBPOM di Palembang, disampaikan juga oleh narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Drs. Muhammad Rizal, Apt., Tentang sistem one single submission (OSS). Dijelaskan bahwa sistem ini digunakan untuk mempercepat proses perizinan PBF sehingga meningkatkan mutu pelayanan publik.

Dengan diselenggaralannya kegiatan ini, diharapkan semua pihak, bukan hanya BBPOM di Palembang dan Dinkes Provinsi Sumatera Selatan, namun juga pelaku usaha dan masyarakat, bersama-sama mengawasi obat dan makanan yang beredar, sehingga obat dan mlana yang aman dan bermutu dapat selalu terjaga.

 

Balai Besar POM di Palembang


06/03/2020 - 09:44
BPOM di Ambon dan BTKL-PP Ambon Konferensi Pers Bersama Uji PCR Spesimen Covid-19

Ambon (03/06) - Dalam rangka mendukung upaya percepatan penanganan Covid-19, Badan POM terus memperkuat laboratorium pengujian dengan fasilitas Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR). Selain memperluas jangkauan, percepatan juga dimaksudkan untuk mempercepat proses pengujian dan mengurangi antrian pemeriksaan sampel, utamanya di daerah episentrum COVID-19.

 

06/02/2020 - 11:05
Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020. "Pancasila Dalam Tindakan Gotong Royong Menuju Indonesia Maju

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2020 ini berbeda dari tahun sebelumnya, karena kali ini upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dilaksanakan secara virtual dan diikuti oleh seluruh pegawai Badan POM.

Walaupun kondisi tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya.  Semangat NASIONALISME seluruh pegawai BBPOM di Pekanbaru tidak kalah dari tahun sebelumnya. Peringatan tahun 2019 diadakan lomba pegawai dengan busana tradisional terbaik maka dan  pada tahun ini diadakan lomba  pegawai dengan pose terbaik saat menyaksikan live streaming peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020.

05/31/2020 - 18:44
Tingkatkan Kemampuan Komunikasi Petugas, BBPOM Pontianak Adakan Pelatihan Bersama John Robert Powers

Kemampuan dalam berkomunikasi tentunya sangat dibutuhkan bagi personal khususnya yang berkecimpung di dalam pelaksanaan pelayanan publik. Dalam rangka peningkatan pelayanan publik guna mencapai Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), BBPOM di Pontianak melakukan pelatihan virtual melalui zoom meeting bersama John Robert Powers pada Selasa (26/05) - Kamis (28/05).