Home » Berita Rb » Entry Meeting Laporan Keuangan Badan Pom Ri 2017

Entry Meeting Laporan Keuangan Badan POM RI 2017

Jakarta – “Sudah 3 tahun berturut-turut Badan POM RI meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Capaian positif ini merupakan tantangan berat yang harus Badan POM terus pertahankan dengan melakukan perbaikan di segala aspek secara berkelanjutan”. Demikian disampaikan Sekretaris Utama Badan POM RI, Reri Indriani saat membuka entry meeting audit Laporan Keuangan Badan POM RI tahun 2017 bersama Wakil Penanggung Jawab 1 Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Hery Purwanto (16/01).

 

Entry meeting dihadiri oleh perwakilan seluruh unit kerja di Badan POM. Ada beberapa hal penting yang disampaikan Tim Pemeriksa BPK, antara lain kecukupan pengungkapan informasi keuangan dalam laporan keuangan sesuai dengan pengungkapan yang seharusnya dibuat seperti disebutkan dalam Standar Akuntansi Pemerintah (SAP), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan terkait pelaporan keuangan, kesesuaian Laporan Keuangan Badan POM yang diperiksa dengan SAP, serta efektivitas Sistem Pengendalian Intern (SPI) yang didesain dan diimplementasikan oleh entitas yang diperiksa dalam rangka pelaporan keuangan.

 

Badan POM telah menyusun arah kebijakan untuk mempertahankan opini WTP melalui berbagai strategi. Pertama, pemantapan komitmen di semua level dan unit kerja dalam penerapan Quality Management System (QMS), Sistem Pemerintah Intern Pemerintah (SPIP) dan Reformasi Birokrasi (RB). Kedua, peningkatan transparansi dan akuntabilitas atas pengelolaan keuangan dan penyajian Laporan Keuangan Badan POM sesuai SAP. Ketiga, intensifikasi monitoring pada proses dan tindak lanjut atas rekomendasi hasil pemeriksaan BPK.

 

“Semoga pada audit laporan keuangan tahun 2017 ini Badan POM dapat menyajikan laporan keuangan berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan”, tutup Reri Indriani. HM-Rahman

 

Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat


04/22/2019 - 22:17
Dukungan Kantor Badan POM di Kota Tarakan dalam Penggalangan Komitmen Akreditasi RSUD Tarakan

Tarakan, 22 April 2019 Rumah Sakit Umum  Daerah Tarakan Mantri Raga menggalang dukungan komitmen dalam rangka akreditasi Rumah Sakit. Acara dibuka dengan sambutan Direktur RSUD Mantri Raga Tarakan Joko Haryanto dan Walikota Tarakan yang diwakili oleh pejabat sementara Sekretaris Kota Tarakan Budi Prayitno.

04/12/2019 - 17:22
Kunjungan Walikota Pangkalpinang ke Balai POM Dalam Upaya Peningkatan Sinergisme Pelayanan Publik

Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil melakukan kunjungan ke Balai POM di Pangkalpinang pada hari Kamis 11 April 2019. Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari rencana Walikota Pangkalpinang yang telah disampaikan pada acara Car Free Day HUT BPOM Ke-18 di Alun-alun Taman Merdeka, pada kegiatan tersebut Walikota Pangkalpinang menyatakan komitmennya untuk menggerakkan roda perekonomian di Pangkalpinang melalui pertumbuhan di sektor industri padat karya, salah satunya adalah industri kecil dan menengah di bidang pangan olahan.

04/09/2019 - 13:18
Wujudkan Desa Pangan Aman Madya di Desa Tual Melalui Pengawalan Program Gerakan Keamanan Pangan Desa

Tual (09/04/2019) – Melanjutkan Program Gerakan Keamanan Pangan Desa yang telah dilaksanakan di Kota Tual tahun lalu, pada tahun ini, Balai POM Ambon melakukan Pengawalan Desa terhadap tiga desa yang telah diintervensi, yaitu Desa Tual, Desa Dullah dan Desa Fiditan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27 – 28 Maret 2019 yang dihadiri oleh perwakilan segenap unsur masyarakat yang ada di desa, dengan menghadirkan M. Viva Agusta dan Indrayani Hardi dari Balai POM di Ambon sebagai narasumber.