Home » Berita Rb » Entry Meeting Laporan Keuangan Badan Pom Ri 2017

Entry Meeting Laporan Keuangan Badan POM RI 2017

Jakarta – “Sudah 3 tahun berturut-turut Badan POM RI meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Capaian positif ini merupakan tantangan berat yang harus Badan POM terus pertahankan dengan melakukan perbaikan di segala aspek secara berkelanjutan”. Demikian disampaikan Sekretaris Utama Badan POM RI, Reri Indriani saat membuka entry meeting audit Laporan Keuangan Badan POM RI tahun 2017 bersama Wakil Penanggung Jawab 1 Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Hery Purwanto (16/01).

 

Entry meeting dihadiri oleh perwakilan seluruh unit kerja di Badan POM. Ada beberapa hal penting yang disampaikan Tim Pemeriksa BPK, antara lain kecukupan pengungkapan informasi keuangan dalam laporan keuangan sesuai dengan pengungkapan yang seharusnya dibuat seperti disebutkan dalam Standar Akuntansi Pemerintah (SAP), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan terkait pelaporan keuangan, kesesuaian Laporan Keuangan Badan POM yang diperiksa dengan SAP, serta efektivitas Sistem Pengendalian Intern (SPI) yang didesain dan diimplementasikan oleh entitas yang diperiksa dalam rangka pelaporan keuangan.

 

Badan POM telah menyusun arah kebijakan untuk mempertahankan opini WTP melalui berbagai strategi. Pertama, pemantapan komitmen di semua level dan unit kerja dalam penerapan Quality Management System (QMS), Sistem Pemerintah Intern Pemerintah (SPIP) dan Reformasi Birokrasi (RB). Kedua, peningkatan transparansi dan akuntabilitas atas pengelolaan keuangan dan penyajian Laporan Keuangan Badan POM sesuai SAP. Ketiga, intensifikasi monitoring pada proses dan tindak lanjut atas rekomendasi hasil pemeriksaan BPK.

 

“Semoga pada audit laporan keuangan tahun 2017 ini Badan POM dapat menyajikan laporan keuangan berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan”, tutup Reri Indriani. HM-Rahman

 

Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat


07/12/2019 - 10:03
Badan POM Sukses Pertahankan Predikat WTP dan Tegaskan Komitmen Berkelanjutan Mengelola BMN dan Barang Bukti

Labuan Bajo - Badan POM menyelenggarakan lokakarya Penguatan Implementasi Manajemen Risiko dalam Rangka Peningkatan Efektivitas Pengendalian Intern Pengelolaan BMN dan Barang Sitaan/Barang Bukti. Acara ini diselenggarakan untuk memastikan bahwa semua kantor Badan POM mendapatkan pelatihan yang komprehensif mengenai pengelolaan BMN dan barang bukti. Acara ini dilaksanakan juga untuk berbagi pengalaman dan refleksi guna mengevaluasi masing-masing kantor Badan POM dalam menjalankan pengelolaan tersebut.

07/11/2019 - 17:07
Bersama Masyarakat Manggarai Barat, Cegah dan Tolak Kosmetik Berbahaya

Manggarai Barat - Dua tahun lalu, sebuah janji ditunaikan. Hari ini, janji itu terpenuhi. Harapan masyarakat Manggarai Barat terwujud. Obat dan Makanan di wilayah ini kini telah diawasi langsung oleh Kantor Badan POM di Manggarai Barat.

07/11/2019 - 16:49
FORUM ADVOKASI KELEMBAGAAN DESA DALAM RANGKA GERAKAN KEAMANAN PANGAN DESA PROGRAM TERPADU TAHUN 2019

Dalam rangka pelaksanaan GKPD yang merupakan kegiatan prioritas nasional  BBPOM Mataram telah melaksanakan pertemuan Advokasi Kelembagaan Desa  yang bertujuan untuk meningkatkan komitmen lintas sektor dan pemerintahan desa dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman sampai pada tingkat perseorangan, memperkuat ekonomi desa. Untuk tahun 2019 Provinsi NTB mendapatkan target 3 Desa baru dan 76 Desa dengan kegiatan terpadu dg Pemerintahan Desa. Kegiatan dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal  09 Juli 2019  dan dibuka oleh Sekda Propinsi NTB Bapak Ir. H. Iswandi, M.Si .