Home » Berita Rb » Di Desa Morabea Muna Barat Bangun Komitmen Pengawasan Obat Dan Makanan Bersama Skpd

Di Desa Morabea Muna Barat, Bangun Komitmen Pengawasan Obat dan Makanan Bersama SKPD, Puskesmas dan BPOM

Kamis, 15 Oktober 2020 Balai POM di Kendari hadir di Desa Morabea tepatnya Wilayah Muna Barat menggelar kegiatan Penyuluhan dan Penyebaran Informasi obat dan Makanan. Kegiatan ini diikuti 30 peserta dengan melibatkan stakeholder terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Dinas Perindustrian Perdagangan, Kepala Puskesmas dan Pelaku Usaha di Kab. Muna Barat. Acara dibuka oleh Kepala Bidang Program dan SDK Dinas Kesehatan Kab. Muna Barat Arif Ndaga, SKM.,M.Kes. Arif Ndaga berharap dengan adanya kegiatan ini petugas kesehatan nantinta dapat menjalankan tugas selain pembinaan juga pengawasan terutama Industri Pangan dan Obat. Selain itu para kepala Puskesmas juga diharapkan dapat berperan aktif dalam pengawasan pangan jajanan baik jajanan sekolah maupun jajanan pasar.  

Pemaparan materi disampaikan oleh Narasumber Balai POM di Kendari dari Tim Penyuluh Infokom Syahriani Zain, S.Si.,Apt dengan Materi Kemanan Pangan, dan Peraturan Perundang-undangan tentang Pangan serta Distribusi Obat oleh Dra. Hasnah Nur,Apt.,MPH. Sesuai amanat peraturan pemerintah Nomor 86 Tahun 2019 tentang Keamanan Pangan dan mencabut Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2004 tentang keamanan, mutu dan gizi pangan bahwa Keamanan Pangan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan dan dan membahayakan kesehatanmanusia serta tidak bertentangan dengan keyakian, budaya masyarakat sehingga aman untuk dikomsumsi. Keamanan pangan diselenggarakan melalui sanitasi Pangan yang dilakukan dalam kegiatan atau proses produksi pangan dan atau peredaran pangan. Lebih lanjut disampaikan termasuk pengaturan bahan tambahan pangan adalah merupakan bagian daripada penyelenggaraan keamanan pangan.

Selain terkait pangan distribusi dan penggunaan obat di sarana pelayanan kefarmasian perlu menjadi perhatian kita bersama agar tidak terjadi kebocoran dan atau penyalahgunaan obat.  Diskusi dan sharing informasi tentang obat dan makanan dilakukan dengan cukup aktif dikegiatan ini. Selanjutnya beberpa program yang telah dilaksanakan dan akan dilaksanakan dapat disinergiskan dalam pelaksanaan termasuk memperkenalkan aplikasi BPOM Mobile dan cek BPOM serta mengajak untuk ber CekKLIK cek Kemasan, cek Label, cek Izin Edar dan cek Kedaluarsa menuju konsumen cerdas. . Kab. Muna Barat sebagai kabupaten daerah yang bertumbuh dari  proses pemekaran berharap untuk dapat perhatian dan pembinaan dalam pengawasan obat dan makanan. Pada kesempatan ini juga Balai POM di Kendari menyampaikan dan mengajak untuk bersama-sama membangun komunikasi, berkomitmen dan bersama mendukung pengawasan obat dan makanan dalam rangka melayani dan melindungi masyarakat.

Balai POM di Kendari


10/27/2020 - 09:35
BBPOM di Semarang Semangat Hadapi Desk Evaluasi Pembangunan Zona Integritas oleh Kemenpan RB

Balai Besar POM di Semarang telah melaksanakan Desk Evaluasi Pembangunan Zona Integritas menuju WBK WBBM oleh evaluator dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada Kamis, 22 Oktober 2020. Kepala BBPOM di Semarang, Dra.

10/26/2020 - 10:00
Menuju Wilayah Bebas Korupsi, Menpan-RB evaluasi Layanan Publik BBPOM di Manado

Balai Besar POM di Manado, pada tahun 2020 merupakan salah satu dari 19 unit Kerja di lingkungan Badan POM yang diusulkan untuk mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Pengusulan WBK merupakan bagian dari strategi percepatan Reformasi Birokrasi (RB) di Badan POM melalui pembangunan Zona Integritas (ZI).

10/26/2020 - 08:21
BBPOM di Manado tingkatkan pemahaman ISO 9001 : 2015 demi menjaga kualitas layanan Publik

Pada tanggal 14 Oktober 2020, BBPOM di Manado melaksanakan pelatihan Awarness ISO 9001 : 2015 yang diikuti oleh pegawai BBPOM di Manado. BBPOM di Manado yang telah tersertifikasi ISO 9001 : 2015 dan ISO 17025 : 2017 untuk ruang lingkup laboratorium melaksanakan pelatihan ini sebagai bentuk komitmen BBPOM di Manado untuk terus meningkatkan Kompetensi Karyawannya sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas operasional organisasi. Materi Pelatihan disampaikan oleh Bapak Budi Setyawan selaku Trainer dari British Standart International (BSI) – Indonesia.