Home » Berita Rb » Bpom Gulirkan Gerakan Keamanan Pangan Desa Di Kabupaten Poso

BPOM Gulirkan Gerakan Keamanan Pangan Desa di Kabupaten Poso

Poso-Hari Rabu, tanggal 27 Maret 2019 dihadiri 30 peserta dari berbagai OPD yang menangani  pangan dan pemberdayaan desa, Balai POM di Palu menggelar advokasi kelembagaan desa. Kegiatan yang bertujuan untuk membentuk komitmen pemerintah daerah dalam mendukung Gerakan Keamanan Pangan Desa di Kabupaten Poso. Gerakan ini merupakan salah satu program nasional Badan POM untuk meningkatkan kemandirian masyarakat desa dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman sampai ke tingkat perorangan.

Wakil Bupati Kabupaten Poso, Samsuri, dalam arahannya mengapresiasi Gerakan Keamanan Pangan Desa yang tahun ini dilaksanakan di Kabupaten Poso yang diinisiasi oleh Badan POM. Potensi risiko pangan dapat terjadi di setiap mata rantai pangan, sehingga kerja sama antara OPD dalam menjamin keamanan pangan bagi masyarakat sangat diperlukan. Selain keamanan pangan,  salah satu potensi daerah yang akan dikembangkan adalah produk-produk industri rumah tangga pangan yang sampai saat ini masih terkendala izin dan pemasaran produk. Untuk itu diharapkan melalui kegiatan ini, produk industri rumah tangga dapat dibina sehingga layak mendapatkan jaminan keamanan pangan baik dari Dinas Kesehatan maupun Badan POM.

Kepala Balai POM di Palu yang diwakili oleh Kepala Seksi Pengujian Kimia, Gazali, memaparkan kebijakan program GKPD, tujuan pelaksanaan program dan tahapan kegiatan program. Pada tahap ini, diperlukan perkuatan kapasitas desa dengan memetakan kegiatan lintas sektor yang dapat diintegrasikan dengan program keamanan pangan desa. Integrasi ini, menurut Gazali, penting dilaksanakan untuk menjamin keamanan pangan form farm to table.

Pembentukan Desa Pangan Aman di 3 desa yaitu Desa Masamba, Desa Lanto Jaya dan Desa Maliwuku melalui beberapa tahap mulai dari perkuatan kapasitas desa, pemberdayaan komunitas desa, pengawasan keamanan pangan desa hingga monitoring dan evaluasi. Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Informasi dan Komunikasi, Novi Yanti Rahmi dalam paparannya mengenai teknis pelaksanaan Gerakan Keamanan Pangan Desa. Disetiap tahapan ini dibutuhkan komitmen dan kerja sama dari pemerintah dan masyarakat desa yang diintervensi agar ketiga desa di Kabupaten Poso ini dapat menjadi desa percontohan yang dapat direplikasi oleh seluruh desa/kelurahan di Kabupaten Poso.

Mari kita bersama-sama mewujudkan Desa PAMAN (Pangan Aman)

Balai POM di Palu

 

 

 

 


11/16/2021 - 08:51
BPOM Ambon Siap Dukung Program Kampus Merdeka Universitas Pattimura

Ambon (16/11) – Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Patiimura (Unpatti) Ambon Maluku melakukan Forum Grup Discussion (FGD) bertempat di Fakultas Pendidikan Kampus Unpatti Poka Ambon Maluku, Jumat (12/11). Kegiatan ini mengundang BPOM Ambon, BRIN Maluku, BTKL Ambon dan Baristan Ambon.

 

11/03/2021 - 06:42
Kunjungan Balai Besar POM Manado di Balai POM Ambon

Ambon (02/11) – Balai Pengawas Obat dan Makanan di Ambon menerima kunjungan Studi Tiru dari Balai Besar POM Manado. Kegiatan kunjungan ini di ikuti oleh Kepala Balai Besar POM di Manado, Dra. Hariani, Apt serta Perwakilan Staf Bagian Pemeriksaan, Pengujian dan Infokom. Kunjungan ini disambut dengan baik oleh Plh Kepala Balai POM di Ambon Leindhard S.D Simatauw, SH. MH beserta Korpoksi Pengujian dan seluruh staf Balai POM di Ambon.

11/02/2021 - 14:48
Audiensi Kepala BPOM Ambon dan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah

Ambon (02/11) - Kepala BPOM di Ambon, Hermanto, S.Si., Apt., MPPM didampingi Korpoksi Pemeriksaan, M.S. Tokan Ola, S.Farm, Apt melakukan kunjungan dalam rangka silaturahmi dan audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah. Ini merupakan kunjungan kali pertama Bapak Hermanto sebagai Kepala BPOM di Ambon ke Pemerintah Kab Maluku tengah dan bertemu dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tengah, DR. Rakib Sahubawa, S.Pi, M.Si.