Home » Berita Rb » Bpom Ambon Siap Dukung Program Kampus Merdeka Universitas Pattimura

BPOM Ambon Siap Dukung Program Kampus Merdeka Universitas Pattimura

Ambon (16/11) – Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Patiimura (Unpatti) Ambon Maluku melakukan Forum Grup Discussion (FGD) bertempat di Fakultas Pendidikan Kampus Unpatti Poka Ambon Maluku, Jumat (12/11). Kegiatan ini mengundang BPOM Ambon, BRIN Maluku, BTKL Ambon dan Baristan Ambon.

 

Rapat FGD yang dipimpin oleh Ketua Jurusan Pendidikan MIPA, AL Palinussa dan Koordinator Prodi Pendidikan Kimia, Napsin Palisoa, membahas terkait implementasi kurikulum Merdeka Belajar Kamus Merdeka (MBKM). Pada kegiatan ini juga dibahas terkait Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan institusi mitra dan pembahasan secara teknis pelaksanaan kurikulum MBKM tersebut.

 

Kepala BPOM Ambon yang diwakili oleh Koordinator Kelompok Substansi Infokom menyampaikan bahwa BPOM Ambon mendukung program pemerintah Kampus Merdeka di BPOM Ambon dan akan menyampaikan kepada pimpinan dan manajemen laboratorium untuk membahas secara teknis kegiatan ini.

 

Terdapat 20 SKS yang masuk dalam kurikulum MBBK ini yang dilaksanakan di 4 institusi mitra. Kegiatan berupa pembelajaran secara teori oleh Dosen di Kampus Unpatti dan pembelajaran dalam bentuk magang oleh supervisor di institusi mitra. Penilaian dilakukan oleh dosen pembimbing (40%) dan supervisor institusi (60%). Kegiatan magang ini dilaksanakan pada tahun 2022 selama 3-6 bulan untuk minimal 12 SKS yang diambil.

 

Program magang Kampus Merdeka di BPOM Ambon direncanakan meliputi mata kuliah: Analisis Instrumen, Analisis Terapan, dan Kimia Pangan. Mahasiswa direncanakan akan mempelajari pengujian sampel rutin obat dan makanan di BPOM Ambon yang meliputi pengujian secara HPLC, HPTLC, GC, GC-MS, Spektrofotometri UV, Densitometri dan AAS. Penilailan program ini dilakukan melalui evaluasi harian, laporan akhir dan presentasi.

 

Kepala BPOM Ambon, Hermanto SSi Apt MPPM menyampaikan bahwa BPOM Ambon mendukung program Kampus Merdeka dan berharap mahasiswa dapat menimba ilmu di BPOM Ambon dengan baik dengan mengikuti aturan, budaya kerja dan sistem manajemen mutu di laboratorium BPOM Ambon (IT).

 

Kontributor: Pelayanan Publik BPOM di Ambon


01/12/2022 - 08:37
Kunjungan Kerja Dinas Koperasi UMKM Indag Kab Sula Maluku Utara ke BPOM Ambon

Ambon (01/12) – BPOM Ambon menerima kunjungan kerja Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kepulauan Sula Provinsi Maluku Utara ke BPOM Ambon pada Senin (10/01). Tim dari Kabupaten Sula yang diketuai langsung oleh Ibu Djena Tidore, SE selaku Kepala Dinas diterima langsung oleh Bapak Hermanto S.Si Apt MPPM Selaku Kepala BPOM Ambon beserta Struktural dan Koordinator Kelompok, di Aula BPOM Ambon.

 

12/28/2021 - 15:53
Kaji Ulang Manajemen ISO 17025:2017 Balai Besar POM di Padang

Sistem Manajemen Mutu (SMM) Laboratorium berdasarkan standar ISO 17025:2017 yang dikelola dan diterapkan dengan baik akan menjamin kegiatan pengujian di laboratorium memberikan hasil yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Namun demikian, pemantauan dan evaluasi yang dilakukan secara berkala tetap diperlukan untuk mengetahui konsistensi pelaksanaan, serta mencari solusi atas setiap permasalahan dan menetapkan peluang untuk peningkatannya.

12/13/2021 - 11:16
Tetap Berprestasi di Masa Pandemi, BBPOM di Yogyakarta Raih Penghargaan Terbanyak

YOGYAKARTA. Kepala Badan POM Penny K. Lukito mengapresiasi BBPOM di Yogyakarta sebagai Unit Kerja dengan Penghargaan Terbanyak Tahun 2021. Piagam penghargaan diterima oleh Kepala BBPOM di Yogyakarta Dewi Prawitasari dalam kegiatan Rapat Evaluasi Nasional (REN) di Bandung tanggal 24-25 November 2021.