Home » Berita Rb » Belajar Lima Kunci Keamanan Pangan Bersama Siswa Tk Rumah Quran Kupang

Belajar Lima Kunci Keamanan Pangan Bersama Siswa TK Rumah Qur'an Kupang

Pada Senin, 25 Maret 2019, siswa TK Rumah Quran bersama guru dan orang tua, berkunjung ke Balai POM di Kupang dalam rangka belajar Keamanan Pangan.  Acara dimulai dengan perkenalan oleh narasumber Drs. Yoseph Nahak, Apt, M.Kes (Kepala Seksi Informasi dan Komunikasi Balai POM di Kupang) dengan moderator Ruth Diana Laiskodat, S.Si, Apt., MM.

Dalam acara ini siswa belajar tentang Lima Kunci Keamanan Pangan Bagi Anak Sekolah. Materi dimulai dengan: Kunci Pertama, Kenali Pangan yang aman; Kunci Kedua, Beli Pangan Yang Aman; Kunci Ketiga, Baca Label dengan Seksama; Kunci Keempat, Jaga Kebersihan; Kunci Kelima, Catat Apa yang Ditemui.

Agar siswa lebih bersemangat dan lebih memahami tentang keamanan pangan, siswa diajak bermain ular tangga "Keamanan Pangan". Papan ular tangga berbentuk kotak- kotak yang di dalamnya berisi pesan seperti baca label pangan dengan seksama sebelum membeli atau mengkonsumsi jajanan. Dalam permainan ini, banyak hal yang perlu dipelajari dalam mengonsumsi makanan, siswa harus lebih teliti misalnya memilih telur yang cangkangnya bersih dan tidak retak, membeli gorengan yang tidak dihinggapi lalat dan lain sebagainya. Selain itu, jika mengonsumsi pangan olahan kemasan, pada kemasannya harus mempunyai nomor registrasi MD (makanan dalam negeri), ML (makanan import/luar negeri) atau PIRT (Produk Industri Rumah Tangga). Nomor registrasi menunjukkan bahwa pangan olahan tersebut telah terjamin keamanan dan mutunya.

Setelah bermain ular tangga keamanan pangan, siswa menonton film kartun edukasi "Akibat Salah Makan". Dalam film tersebut, mengajarkan siswa harus mengonsumsi jajanan yang bersih dan dibeli pada penjual yang bersih, karena makanan yang bersih terhindar dari bakteri yang merugikan yang dapat menyebabkan sakit perut. Akan tetapi, bakteri juga ada yang menguntungkan, bakteri ini dapat digunakan dalam pembuatan yogurt, tempe dan keju.

Narasumber memberikan hadiah handuk dan tas bagi siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar tentang keamanan pangan. Hadiah juga diberikan kepada orang tua dan guru berupa kalender dan brosur pesan keamanan pangan. Acara ditutup oleh Kepala Sekolah Rumah Qur’an Hidayatullah dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Balai POM di Kupang karena telah memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar Keamanan Pangan.

Pesan terakhir untuk siswa, jadilah anak sehat sebagai generasi emas yang cerdas dan berkualitas.

Balai POM di Kupang

 


11/16/2021 - 08:51
BPOM Ambon Siap Dukung Program Kampus Merdeka Universitas Pattimura

Ambon (16/11) – Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Patiimura (Unpatti) Ambon Maluku melakukan Forum Grup Discussion (FGD) bertempat di Fakultas Pendidikan Kampus Unpatti Poka Ambon Maluku, Jumat (12/11). Kegiatan ini mengundang BPOM Ambon, BRIN Maluku, BTKL Ambon dan Baristan Ambon.

 

11/03/2021 - 06:42
Kunjungan Balai Besar POM Manado di Balai POM Ambon

Ambon (02/11) – Balai Pengawas Obat dan Makanan di Ambon menerima kunjungan Studi Tiru dari Balai Besar POM Manado. Kegiatan kunjungan ini di ikuti oleh Kepala Balai Besar POM di Manado, Dra. Hariani, Apt serta Perwakilan Staf Bagian Pemeriksaan, Pengujian dan Infokom. Kunjungan ini disambut dengan baik oleh Plh Kepala Balai POM di Ambon Leindhard S.D Simatauw, SH. MH beserta Korpoksi Pengujian dan seluruh staf Balai POM di Ambon.

11/02/2021 - 14:48
Audiensi Kepala BPOM Ambon dan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah

Ambon (02/11) - Kepala BPOM di Ambon, Hermanto, S.Si., Apt., MPPM didampingi Korpoksi Pemeriksaan, M.S. Tokan Ola, S.Farm, Apt melakukan kunjungan dalam rangka silaturahmi dan audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah. Ini merupakan kunjungan kali pertama Bapak Hermanto sebagai Kepala BPOM di Ambon ke Pemerintah Kab Maluku tengah dan bertemu dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tengah, DR. Rakib Sahubawa, S.Pi, M.Si.