Home » Berita Rb » Balai Pom Di Palu Hadir Pada Orientasi Pengawasan Masyarakat Sekolah Dan Kantin Sehat

Balai POM di Palu Hadir pada Orientasi Pengawasan Masyarakat Sekolah dan Kantin Sehat

Salah satu bentuk dari tindak lanjut dan komitmen dalam program GERMAS pada tanggal 21 dan 22 April 2019, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan kegiatan Orientasi Pengawasan Masyarakat Sekolah dan Kantin Sehat. Diawali dengan menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya dan Pembacaan Doa, selanjutnya sambutan pembukaan oleh Ilham N. Sunusi selaku Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi SulTeng. Beliau menyampaikan apresiasi kepada sekolah-sekolah yang sudah memiliki kantin yang permanen, dan memenuhi persyaratan Kantin Sehat dan memiliki sertifikat laik sehat.

Dihadiri oleh 70 orang peserta berasal dari 5 kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Tengah : Palu, Donggala, Sigi, Poso dan Parigi Moutong) yang merupakan pejabat petugas Dinas kesehatan, Dinas Pendidikan dan Pengajaran, Puskesmas, serta Guru UKS/Kepala Sekolah. Materi pertemuan disampaikan oleh Donald Simanjuntak selaku Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan Kementrian Kesehatan RI,  Madlam selaku perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov.Sulteng dan Riati YE Awusi, perwakilan Balai POM di Palu.

Terkait masalah tersedianya sarana Kantin yang memadai  di sekolah-sekolah saat ini, yang menjadi  kendala utamanya adalah kantin yang ada sekarang ini merupakan kantin-kantin darurat/seadanya sehingga sangat sulit untuk dapat memenuhi kriteria/persyaratan kantin sehat. Sehingga rekomendasi yang diperoleh dari pertemuan orientasi  ini adalah ketersediaan Sarana Kantin Sehat di sekolah-sekolah di Provinsi Sulawesi Tengah seharusnya dituangkan dalam bentuk Peraturan Daerah oleh Gubernur Silteng sehingga tidak ada lagi sekolah yang tidak memiliki kantin yang tidak permanen.

Harapan kedepannya masing-masing instansi terkait harus berkomitmen dan secara konsisten berkontribusi terhadap terwujudnya Masyarakat Sekolah/Komunitas Sekolah (Siswa, Orang Tua Siswa, Guru dan Pengelola kantin/penjaja makanan ) yang sehat dan membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas karena mengonsumsi pangan yang aman, bermutu dan bergizi. (Riati)


11/16/2021 - 08:51
BPOM Ambon Siap Dukung Program Kampus Merdeka Universitas Pattimura

Ambon (16/11) – Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Patiimura (Unpatti) Ambon Maluku melakukan Forum Grup Discussion (FGD) bertempat di Fakultas Pendidikan Kampus Unpatti Poka Ambon Maluku, Jumat (12/11). Kegiatan ini mengundang BPOM Ambon, BRIN Maluku, BTKL Ambon dan Baristan Ambon.

 

11/03/2021 - 06:42
Kunjungan Balai Besar POM Manado di Balai POM Ambon

Ambon (02/11) – Balai Pengawas Obat dan Makanan di Ambon menerima kunjungan Studi Tiru dari Balai Besar POM Manado. Kegiatan kunjungan ini di ikuti oleh Kepala Balai Besar POM di Manado, Dra. Hariani, Apt serta Perwakilan Staf Bagian Pemeriksaan, Pengujian dan Infokom. Kunjungan ini disambut dengan baik oleh Plh Kepala Balai POM di Ambon Leindhard S.D Simatauw, SH. MH beserta Korpoksi Pengujian dan seluruh staf Balai POM di Ambon.

11/02/2021 - 14:48
Audiensi Kepala BPOM Ambon dan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah

Ambon (02/11) - Kepala BPOM di Ambon, Hermanto, S.Si., Apt., MPPM didampingi Korpoksi Pemeriksaan, M.S. Tokan Ola, S.Farm, Apt melakukan kunjungan dalam rangka silaturahmi dan audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah. Ini merupakan kunjungan kali pertama Bapak Hermanto sebagai Kepala BPOM di Ambon ke Pemerintah Kab Maluku tengah dan bertemu dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tengah, DR. Rakib Sahubawa, S.Pi, M.Si.