Home » Berita Rb » Balai Besar Pom Surabaya Dukung Pahlawan Ekonomi Dan Pejuang Muda Arek Arek Suroboyo

Balai Besar POM Surabaya Dukung Pahlawan Ekonomi dan Pejuang Muda Arek Arek Suroboyo

Kota Surabaya sebagai Ibu Kota Propinsi Jawa Timur berpenduduk kurang lebih 3 juta dan menunjukkan tren peningkatan jumlah penduduk dalam 10 tahun terakhir. Hal ini ternyata diiringi dengan jumlah UMKM yang juga terus bertumbuh. Telah terbukti bahwa pada masa kondisi ekonomi yang tidak menentu UMKM dan industri kecil lainnya merupakan potensi ekonomi yang nyata dan menjadi sandaran kehidupan masyarakat. Ibu Risma Triharini sebagai Walikota Surabaya berkeinginan agar warga masyarakat Surabaya mempunyai sumber pendapatan kedua yang dikelola oleh ibu atau istri. Jadi tidak hanya mengandalkan suami sebagai pencari nafkah utama. Berlatar belakang pemikiran inilah Ibu Risma meluncurkan program Pahlawan Ekonomi dan Pejuang Muda pada tahun 2018. Program ini menginginkan agar warga masyarakat Surabaya tidak mengelola bisnis yang biasa biasa saja tetapi mampu berkompetisi di ranah global. Sejak awal masyarakat sebagai calon pebisnis dikenalkan pada konsep Go Global, Go Digital, Go Finacial sehingga mampu bersaing di pasar global dengan bantuan teknologi digital untuk mendapatkan penghasilan yang setara dengan pelaku usaha menengah. UMKM yang tergabung dalam program Pahlawan Ekonomi dan Pejuang Muda diharapkan mampu menembus pasar global dengan menghasilkan produk usaha unggulan yang berkelas dunia.

 

Seperti dapat diduga bahwa usaha yang paling memungkinkan dilaksanakan oleh calon pengusaha adalah usaha di bidang makanan dan minuman. Untuk dapat bersaing di pasar global, produk yang akan diperdagangkan harus memiliki aspek legal dengan design kemasan yang menarik serta label yang informatif. Kontribusi Badan POM (yang diwakili oleh Balai Besar POM Surabaya) sangat diperlukan untuk memberikan bimbingan teknis dan memfasilitasi para calon pelaku usaha ini agar tidak surut langkah karena prosedur perijinan yang lama, mahal, rumit dan berbelit belit.

Sebagai institusi yang bertugas mengawal keamanan dan mutu produk Obat dan Makanan yang beredar di Indonesia, BBPOM Surabaya merasa terpanggil untuk membantu para calon pelaku usaha tersebut agar mampu menghasilkan produk yang memenuhi syarat keamanan dan mutu.

Para calon pelaku usaha ini pada umumnya memiliki pengetahuan yang sangat terbatas terkait penerapan keamanan pangan, hygiene dan sanitasi,  penggunaan bahan tambahan pangan, kemasan pangan, informasi yang harus dicantumkan dalam label, dll.

 

Menyadari kebutuhan masyarakat tersebut, BBPOM Surabaya berkomitmen untuk membantu para calon pelaku usaha tersebut dengan membuka layanan publik terutama terkait perijinan di Kapas Krampung Plaza (KAZA) yang merupakan Sentra UMKM warga Surabaya. Sejak bulan Januari 2018 BBPOM Surabaya telah menempatkan petugas di KAZA untuk memberikan layanan publik bagi para pelaku usaha yang membutuhkan informasi dan bimbingan teknis. Masyarakat menyambut antusias layanan publik ini karena mereka tidak harus mendatangi kantor BBPOM Surabaya jika membutuhkan informasi dan bimbingan teknis. Pelaku usaha yang paling banyak mendatangi counter Layanan Publik BBPOM adalah pelaku usaha bidang pangan, disusul oleh pelaku usaha obat tradisional dan kosmetik. Layanan publik yang dilakukan di luar kantor BBPOM Surabaya tersebut merupakan upaya pro aktif dalam memberikan pelayanan prima dan inovasi BBPOM Surabaya dalam mendukung potensi daerah. Pada tahun 2019 upaya ini akan dilakukan dengan lebih komprehensif melalui Program “GEMPUR JATIM” atau Gerakan Mengawal Pertumbuhan Usaha Rakyat Jatim, sehingga bukan hanya warga Kota Surabaya saja yang menikmati layanan dan fasilitas prioritas tetapi seluruh warga Jawa Timur yang layak mendapat dukungan BBPOM Surabaya dan Badan POM. AYO MAJU WARGA JAWA TIMUR….!!!

 

(bbpomsby/yuli)


11/16/2021 - 08:51
BPOM Ambon Siap Dukung Program Kampus Merdeka Universitas Pattimura

Ambon (16/11) – Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Patiimura (Unpatti) Ambon Maluku melakukan Forum Grup Discussion (FGD) bertempat di Fakultas Pendidikan Kampus Unpatti Poka Ambon Maluku, Jumat (12/11). Kegiatan ini mengundang BPOM Ambon, BRIN Maluku, BTKL Ambon dan Baristan Ambon.

 

11/03/2021 - 06:42
Kunjungan Balai Besar POM Manado di Balai POM Ambon

Ambon (02/11) – Balai Pengawas Obat dan Makanan di Ambon menerima kunjungan Studi Tiru dari Balai Besar POM Manado. Kegiatan kunjungan ini di ikuti oleh Kepala Balai Besar POM di Manado, Dra. Hariani, Apt serta Perwakilan Staf Bagian Pemeriksaan, Pengujian dan Infokom. Kunjungan ini disambut dengan baik oleh Plh Kepala Balai POM di Ambon Leindhard S.D Simatauw, SH. MH beserta Korpoksi Pengujian dan seluruh staf Balai POM di Ambon.

11/02/2021 - 14:48
Audiensi Kepala BPOM Ambon dan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah

Ambon (02/11) - Kepala BPOM di Ambon, Hermanto, S.Si., Apt., MPPM didampingi Korpoksi Pemeriksaan, M.S. Tokan Ola, S.Farm, Apt melakukan kunjungan dalam rangka silaturahmi dan audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah. Ini merupakan kunjungan kali pertama Bapak Hermanto sebagai Kepala BPOM di Ambon ke Pemerintah Kab Maluku tengah dan bertemu dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tengah, DR. Rakib Sahubawa, S.Pi, M.Si.