Home » Berita Rb » Balai Besar Pom Di Bandung Mantapkan Implementasi Isoiec 170252017 Melalui Kaji Ulang

Balai Besar POM di Bandung Mantapkan Implementasi ISO/IEC 17025:2017 melalui Kaji Ulang Dokumen Laboratorium Tahun 2019

Bandung - Pada tanggal 20 – 21 Maret 2019 telah dilaksanakan acara Kaji Ulang Dokumen Laboratorium di Aula Gedung D Balai Besar POM Bandung dengan dihadiri 30 peserta yang terdiri dari anggota tim mutu, tim laboratorium dan tim peralatan laboratorium.

Kaji Ulang Dokumen secara umum merupakan suatu tahapan penting dalam proses implementasi sistem manajemen mutu yang bertujuan untuk menjamin bahwa dokumen mutu yang berlaku selalu dimutakhirkan serta memastikan kesinambungan, kesesuaian, dan kecukupan terhadap persyaratan mutu ISO/IEC 17025 : 2017 (klausul 8.3.2 poin b). Kegiatan ini merupakan forum pembahasan dokumen sistem mutu laboratorium yang berkaitan dengan pelaksanaan pengujian dan hal-hal lainnya untuk  peningkatan sistem mutu laboratorium dalam memelihara rekaman yang relevan dengan  ISO/IEC 17025 : 2017.  

Kaji ulang dokumen dibuka secara resmi oleh Dra. Ami Damilah, Apt. selaku Ketua Tim Mutu Laboratorium Balai Besar POM di Bandung, kemudian dilanjutkan dengan pembahasan terhadap usulan perubahan dokumen meliputi Panduan Mutu, Prosedur Teknis Jaminan Mutu, Prosedur Operasional Baku, Instruksi Kerja, serta form terkait.  Pada hari kedua dilakukan pemaparan materi mengenai Kaji Ulang Dokumen dengan narasumber Dr. Julia Kantasubrata. Dalam materinya disampaikan berbagai perubahan persyaratan terkait perubahan ISO/IEC 17025:2005 menjadi ISO/IEC 17025:2017.

Hasil kaji ulang dokumen ini selanjutnya akan disosialisasikan kepada seluruh personel pengujian dan bidang terkait  sehingga dapat diimplementasikan secara konsisten, efektif dan efisien, serta dipelihara secara terus menerus untuk perbaikan sistem manajemen mutu laboratorium.


07/12/2019 - 10:03
Badan POM Sukses Pertahankan Predikat WTP dan Tegaskan Komitmen Berkelanjutan Mengelola BMN dan Barang Bukti

Labuan Bajo - Badan POM menyelenggarakan lokakarya Penguatan Implementasi Manajemen Risiko dalam Rangka Peningkatan Efektivitas Pengendalian Intern Pengelolaan BMN dan Barang Sitaan/Barang Bukti. Acara ini diselenggarakan untuk memastikan bahwa semua kantor Badan POM mendapatkan pelatihan yang komprehensif mengenai pengelolaan BMN dan barang bukti. Acara ini dilaksanakan juga untuk berbagi pengalaman dan refleksi guna mengevaluasi masing-masing kantor Badan POM dalam menjalankan pengelolaan tersebut.

07/11/2019 - 17:07
Bersama Masyarakat Manggarai Barat, Cegah dan Tolak Kosmetik Berbahaya

Manggarai Barat - Dua tahun lalu, sebuah janji ditunaikan. Hari ini, janji itu terpenuhi. Harapan masyarakat Manggarai Barat terwujud. Obat dan Makanan di wilayah ini kini telah diawasi langsung oleh Kantor Badan POM di Manggarai Barat.

07/11/2019 - 16:49
FORUM ADVOKASI KELEMBAGAAN DESA DALAM RANGKA GERAKAN KEAMANAN PANGAN DESA PROGRAM TERPADU TAHUN 2019

Dalam rangka pelaksanaan GKPD yang merupakan kegiatan prioritas nasional  BBPOM Mataram telah melaksanakan pertemuan Advokasi Kelembagaan Desa  yang bertujuan untuk meningkatkan komitmen lintas sektor dan pemerintahan desa dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman sampai pada tingkat perseorangan, memperkuat ekonomi desa. Untuk tahun 2019 Provinsi NTB mendapatkan target 3 Desa baru dan 76 Desa dengan kegiatan terpadu dg Pemerintahan Desa. Kegiatan dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal  09 Juli 2019  dan dibuka oleh Sekda Propinsi NTB Bapak Ir. H. Iswandi, M.Si .