Home » Berita Rb » Balai Besar Pom Di Bandung Mantapkan Implementasi Isoiec 170252017 Melalui Kaji Ulang

Balai Besar POM di Bandung Mantapkan Implementasi ISO/IEC 17025:2017 melalui Kaji Ulang Dokumen Laboratorium Tahun 2019

Bandung - Pada tanggal 20 – 21 Maret 2019 telah dilaksanakan acara Kaji Ulang Dokumen Laboratorium di Aula Gedung D Balai Besar POM Bandung dengan dihadiri 30 peserta yang terdiri dari anggota tim mutu, tim laboratorium dan tim peralatan laboratorium.

Kaji Ulang Dokumen secara umum merupakan suatu tahapan penting dalam proses implementasi sistem manajemen mutu yang bertujuan untuk menjamin bahwa dokumen mutu yang berlaku selalu dimutakhirkan serta memastikan kesinambungan, kesesuaian, dan kecukupan terhadap persyaratan mutu ISO/IEC 17025 : 2017 (klausul 8.3.2 poin b). Kegiatan ini merupakan forum pembahasan dokumen sistem mutu laboratorium yang berkaitan dengan pelaksanaan pengujian dan hal-hal lainnya untuk  peningkatan sistem mutu laboratorium dalam memelihara rekaman yang relevan dengan  ISO/IEC 17025 : 2017.  

Kaji ulang dokumen dibuka secara resmi oleh Dra. Ami Damilah, Apt. selaku Ketua Tim Mutu Laboratorium Balai Besar POM di Bandung, kemudian dilanjutkan dengan pembahasan terhadap usulan perubahan dokumen meliputi Panduan Mutu, Prosedur Teknis Jaminan Mutu, Prosedur Operasional Baku, Instruksi Kerja, serta form terkait.  Pada hari kedua dilakukan pemaparan materi mengenai Kaji Ulang Dokumen dengan narasumber Dr. Julia Kantasubrata. Dalam materinya disampaikan berbagai perubahan persyaratan terkait perubahan ISO/IEC 17025:2005 menjadi ISO/IEC 17025:2017.

Hasil kaji ulang dokumen ini selanjutnya akan disosialisasikan kepada seluruh personel pengujian dan bidang terkait  sehingga dapat diimplementasikan secara konsisten, efektif dan efisien, serta dipelihara secara terus menerus untuk perbaikan sistem manajemen mutu laboratorium.


11/16/2021 - 08:51
BPOM Ambon Siap Dukung Program Kampus Merdeka Universitas Pattimura

Ambon (16/11) – Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Patiimura (Unpatti) Ambon Maluku melakukan Forum Grup Discussion (FGD) bertempat di Fakultas Pendidikan Kampus Unpatti Poka Ambon Maluku, Jumat (12/11). Kegiatan ini mengundang BPOM Ambon, BRIN Maluku, BTKL Ambon dan Baristan Ambon.

 

11/03/2021 - 06:42
Kunjungan Balai Besar POM Manado di Balai POM Ambon

Ambon (02/11) – Balai Pengawas Obat dan Makanan di Ambon menerima kunjungan Studi Tiru dari Balai Besar POM Manado. Kegiatan kunjungan ini di ikuti oleh Kepala Balai Besar POM di Manado, Dra. Hariani, Apt serta Perwakilan Staf Bagian Pemeriksaan, Pengujian dan Infokom. Kunjungan ini disambut dengan baik oleh Plh Kepala Balai POM di Ambon Leindhard S.D Simatauw, SH. MH beserta Korpoksi Pengujian dan seluruh staf Balai POM di Ambon.

11/02/2021 - 14:48
Audiensi Kepala BPOM Ambon dan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah

Ambon (02/11) - Kepala BPOM di Ambon, Hermanto, S.Si., Apt., MPPM didampingi Korpoksi Pemeriksaan, M.S. Tokan Ola, S.Farm, Apt melakukan kunjungan dalam rangka silaturahmi dan audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah. Ini merupakan kunjungan kali pertama Bapak Hermanto sebagai Kepala BPOM di Ambon ke Pemerintah Kab Maluku tengah dan bertemu dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tengah, DR. Rakib Sahubawa, S.Pi, M.Si.