Home » Berita Rb » Advokasi Terpadu Program Prioritas Nasional

Advokasi Terpadu Program Prioritas Nasional

Ambon (21/02) - Terdapat 3 program prioritas nasional yang dilaksanakan oleh Badan POM untuk meningkatkan awareness terhadap keamanan pangan yakni Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD), Pasar Aman dari Bahan Berbahaya dan Pangan Jajan Anak Sekolah.

Intervensi keamanan pangan pada kegiatan Desa Pangan Aman, Pasar Aman dari Bahan Berbahaya dan Sekolah dengan PJAS Aman merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Balai POM di Ambon yang bertujuan menggugah komunitas desa, komunitas pasar dan komunitas sekolah agar dapat berdaya, berpartisipasi dan mandiri dalam pembinaan dan pengawasan keamanan pangan di komunitasnya masing-masing.

Advokasi terpadu dilakukan untuk mengintegrasikan ketiga program nasional tersebut demi menumbuhkan komitmen pemerintah kabupaten dan desa untuk pada desa, pasar dan sekolah yang telah diintervensi dan mereplikasi program pada daerah lain. Advokasi merupakan tahap awal dari rangkaian kegiatan prioritas nasional.

Target intervensi Balai POM di Ambon tahun 2020 adalah 6 desa, 2 pasar dan 20 sekolah yang difokuskan daerah lokus stunting di 2 kabupaten yakni Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Seram Bagian Barat.

Bertempat di Balai Desa Hitu, Kec. Leihitu. Kab. Maluku Tengah pada Kamis, 20 Februari 2020 dilakukan advokasi terhadap 4 Desa yang berada di Kec. Leihitu, Kab. Maluku Tengah yakni Desa Morela, Desa Hitumessing, Desa Hitulama dan Desa Hila yang merupakan desa dengan potensi wisata dan pangan. Acara dihadiri oleh perwakilan Kecamatan Leihitu, Korwil Pendidikan Kec. Leihitu, TKPD masing-masing desa dan pengelola pasar Hitu.

Kepala Balai POM di Ambon, Dra. Hariani, Apt dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kecamatan Leihitu dan desa terpilih atas dukungan dan komitmen bersama untuk mendorong dan mensukseskan program nasional pemberdayaan masyarakat demi terwujudnya masyarakat yang sehat dan menerapkan prinsip-prinsip keamanan pangan.

Semoga tujuan akhir dari program nasional ini yakni peningkatan kesadaran keamanan pangan, sehingga dapat menjadi konsumen yang cerdas (MVA).

 

Kontributor: Pelayanan Publik-BPOM di Ambon


03/27/2020 - 15:09
“LAWAN CORONA” BPOM PANGKALPINANG LAKUKAN DISINFEKTAN DAN PEMBUATAN HAND SANITIZER

Untuk menjaga kondisi lingkungan aman dari paparan Virus Corona (Covid-19), Balai POM Pangkalpinang lakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh area Kantor seperti area pelayanan publik, ruang kerja termasuk juga laboratorium. Langkah ini diambil karena semakin banyaknya jumlah orang yang terpapar Virus Corona (Covid-19) di wilayah Indonesia.

 

03/23/2020 - 13:30
Cegah Penyebaran Covid-19, BBPOM di Mataram Sesuaikan Jam Operasional Layanan Publik

Mataram (23/03/2020). Menindaklanjuti Surat Edaran Nomor KP.11.01.2.25.03.20.25 Tahun 2020 Tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipili Negara (ASN) di Lingkungan Badan Pengawas Obat dan Makanan Dalam Upaya Kewaspadaan dan Pencegahan Penyebaran Covid-19, maka BBPOM di Mataram selain melakukan penyesuaian jam ASN juga melakukan penyesuaian jam Layanan Publik yang efektif berlaku sejak tanggal 23 Maret 2020.

03/20/2020 - 15:01
Anggota DPD RI kunjungi BBPOM di Denpasar : Dukung UU POM dan Daya Saing UMKM

Jumat-20 Maret 2020, Anggota DPD RI, Arya Wedakarna berkunjung ke Balai Besar POM di Denpasar. Dalam sambutan hangat Kepala Balai Besar POM di Denpasar, Ni GAN Suarningsih disampaikan pula rasa terimakasih atas kepedulian Anggota DPD RI Wilayah Bali ini, saat adanya kasus CoVID -19 yang menurunkan kualitas dan kuantitas perekonomian Bali.