Home » Berita Rb

Berita Reformasi Birokrasi BPOM

09/25/2021 - 20:12
Kolaborasi Perkuat Kemampuan Deteksi Hoaks

JAKARTA - Informasi hoaks yang beredar kian massif dan meresahkan masyarakat. Apa lagi di tengah pandemi, beragam hoaks seputar COVID-19  tak hanya beredar melalui platform media sosial, bahkan telah merambah ke media komunikasi keluarga seperti whatsapp. Kondisi ini tentu memerlukan penanganan segera karena membawa dampak terhadap masyarakat terutama terkait kesehatan.

09/24/2021 - 10:11
Anugerah Rekor MURI untuk Pembentukan 1010 Duta Keamanan Pangan

Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, Balai Besar POM di Yogyakarta telah melakukan berbagai inovasi antara lain 1) Aplikasi New Kulinerku Oke, 2) Aplikasi e-PSB untuk proses pendaftaran ijin edar pangan, 3) Aplikasi Hitung Nilai Gizi untuk mempermudah UMKM dalam pencantuman label Informasi Nilai Gizi, 4) Inovasi One Day Service untuk pengujian sampel dari kepolisian, serta pengurangan beberapa time line pengujian sampel dari pihak eksternal, 5) Inovasi Paris (papan aspirasi dan inspirasi) untuk menjaring masukan dari masyarakat dan

09/24/2021 - 09:58
Pencanangan WBBM BBPOM di Yogyakarta

Reformasi Birokrasi merupakan salah satu langkah awal mendukung program pemerintah untuk mewujudkan good governance dan clean government yang telah dilakukan dengan langkah-langkah strategis melalui pembangunan Zona Integritas.  Setelah mendapatkan predikat WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) pada tahun 2019, Balai Besar POM di Yogyakarta terus berusaha meningkatkan performance-nya dengan target tahun 2021 mendapatkan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

09/23/2021 - 13:07
Komitmen Berikan Pelayanan Publik Terbaik, Loka POM di Kabupaten Banyumas Gelar Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan DPMPTSP Kabupaten Banyumas

Dalam rangka meningkatkan dan sebagai bentuk komitmen untuk selalu memberikan pelayanan publik terbaik, Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) di Kabupaten Banyumas melaksanakan agenda Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Banyumas, Rabu, 22 September 2020. Turut hadir sebagai pejabat pihak kedua, Dra. Sandra M. P. Linthin, Apt., M.Kes., selaku Kepala Balai Besar POM di Semarang.

09/23/2021 - 09:56
Dukung Mal Pelayanan Publik, BBPOM di Semarang Tandatangani Kerjasama dengan MPP Kabupaten Banyumas

#SahabatBPOM, Mal Pelayanan Publik (MPP) dinilai sebagai langkah pembaharuan bagi sistem pelayanan publik di Indonesia. MPP dianggap lebih progresif memadukan pelayanan dari pemerintah pusat, daerah, dan swasta dalam satu gedung. Dengan adanya MPP maka masyarakat semakin mudah dalam mengakses layanan publik.

09/22/2021 - 13:34
Petugas Pasar Hitu Aktif Awasi Keamanan Pangan dan Sampling Pengujian Tahap II di Pasar Hitu Kabupaten Maluku Tengah

Ambon (22/09) – Terkait dengan salah satu program nasional Program Pasar Aman Berbasis Komunitas, Balai POM di Ambon telah melaksanakan program ini di Pasar Hitu Kabupaten Maluku Tengah yang diintervensi pada tahun 2020. Hingga saat ini petugas pasar Hitu yang sudah dilatih oleh BPOM Ambon tetap aktif melakukan pengawasan, Pada tanggal 13 hingga 21 September dilakukan sampling dan pengujian pangan di Pasar Hitu oleh petugas pasar yang dikoordinir oleh Ibu Koraya Tuasamu.

09/22/2021 - 12:31
Mengawasi Peredaran Bahan Berbahaya, BPOM HSU Terus Lakukan MLK

Di era sekarang, masyarakat harus semakin bijak dan cerdas dalam memilih produk yang akan dikonsumsi, salah satunya adalah pangan. Pangan merupakan kebutuhan utama bagi masyarakat sehingga dalam membeli pangan masyarakat perlu lebih teliti. Hal yang perlu kita waspadai adalah adanya kecenderungan penggunaan yang salah sejumlah bahan (kimia) berbahaya pada pangan. Bahan kimia berbahaya yang sering disalah gunakan pada pangan antara lain boraks, formalin, rhodamin B, dan methanyl yellow.

09/22/2021 - 11:58
BPOM Ambon Sosialisasikan Keamanan Pangan Bagi Pelajar SMP di Kota Tual

Ambon (22/09) - Anak usia sekolah mempunyai kebiasaan jajan yang tinggi, apalagi untuk anak-anak yang tidak terbiasa membawa bekal makan dari rumah, pasti akan menggunakan uang sakunya untuk membeli jajan di lingkungan sekolah. Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah (PJAS) merupakan pangan siap saji yang ditemui dan dijual di lingkungan sekolah serta secara rutin dibeli dan dikonsumsi oleh sebagian besar anak sekolah. Anak-anak membutuhkan asupan pangan yang bergizi dan aman untuk tumbuh kembangnya dan mendukung kegiatan belajarnya di sekolah.

09/22/2021 - 10:51
Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Akan Pangan Aman, BPOM Ambon Sosialisasikan Keamanan Pangan di Kota Tual

Ambon (22/09) - Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang pemenuhannya merupakan hak asasi manusia. Selain sehat dan bergizi, pangan harus memenuhi prinsip aman dan layak (bermutu). Aman dalam artian bebas dari cemaran biologi, kimia dan fisik, yang dapat mengganggu atau merugikan kesehatan serta layak dalam artian bermutu untuk dikonsumsi.

09/22/2021 - 08:47
BPOM Ambon Menjadi Narasumber Bimtek Petugas Pengelola Fasilitas Kefarmasian di Kota Tual

Ambon (22/09) - Dalam rangka meningkatkan kompetensi Petugas Pengelola Sarana Pelayanan Kefarmasian di Apotek, Puskesmas dan Toko Obat,  Dinas Kesehatan Kota Tual melaksanakan kegiatan “Bimbingan Teknis kepada Petugas Pengelola Fasilitas Kefarmasian”, Sabtu (18/09) bertempat di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tual. Kegiatan ini digelar dengan menggunakan sumber anggaran DAK Non Fisik Kesehatan Pengawasan Obat dan Makanan Tahun 2021.

Pages