Reviu Lembar Kerja Evaluasi dan Konsensus Rencana Aksi Oleh Tim Pengarah Reformasi Birokrasi Badan Pengawas Obat dan Makanan Tahun 2018

Share
Menidaklanjuti Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pedoman Evaluasi RB Instansi Pemerintah, Inspektorat Utama Badan POM telah mengawal Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) tahun 2018 dengan progres sebagai berikut:
  1. Pelaksanaan Pra Bimtek PMPRB dengan Tema Strategi Peningkatan Kualitas Reformasi Birokrasi, Pelayanan Publik Dan Penanganan Pengaduan pada tanggal 12 April 2018.
  2. Fasilitasi Pengisian dan Reviu Lembar Kerja Evaluasi (LKE) PMPRB Badan POM Tahun 2018 pada tanggal 17 – 24 April 2018.
  3. Pertemuan Penyamaan Persepsi dan Finalisasi LKE PMPRB Badan POM Tahun 2018 pada tanggal 25 April 2018.
  4. Konsensus Reviu Lembar Kerja Evaluasi & Konsensus Rencana Aksi oleh Tim Pengarah Reformasi Birokrasi Badan Pengawas Obat dan Makanan Tahun 2018 pada tanggal 30 April 2018.
Pra Bimtek PMPRB merupakan media untuk mensosialisasikan jadwal pelaksanaan PMPRB Badan POM serta diharapkan dapat meningkatkan komitmen pelaksanaan RB di lingkungan Badan POM sehingga pada akhirnya berdampak pada meningkatnya kualitas pelayanan publik Badan POM dan meningkatkan budaya kinerja di lingkungan Badan POM.

Kegiatan pengisian dan reviu LKE PMPRB serta penyamaan persepsi dan finalisasi LKE PMPRB merupakan media diskusi antara Tim Pelaksana, Tim Asesor PMPRB dan Monev Pelaksanaan RB sehingga diperoleh isian termutakhir dengan nilai yang telah disepakati pada level pelaksana.

Pada acara penyamaan persepsi dan finalisasi LKE PMPRB hadir pula narasumber dari Kementerian PAN dan RB Ibu Naptalina Sipayung, SH., MAP selaku Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan III. Beliau menyampaikan bahwa Indeks RB Badan POM Tahun 2017 adalah 76,36  dengan kategori ”BB” naik 3,17 poin dari penilaian Indeks RB Tahun 2016. Hasil survey Badan POM juga memperoleh nilai diatas rata – rata nilai K/L dengan rincian sebagai berikut:
  1. Survei internal organisasi tahun 2016 sebesar 3,48 dan tahun 2017 sebesar 3,41 dengan nilai rata-rata K/L sebesar 3,02.
  2. Survei Eksternal Pelayanan tahun 2016 sebesar 2,92 dan tahun 2017 sebesar 3,21 dengan nilai rata-rata K/L sebesar 3,17.
  3. Survei Eksternal Persepsi Korupsi tahun 2016 sebesar 3,17 dan tahun 2017 sebesar 3,49 dengan nilai rata-rata K/L sebesar 3,32.
Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan Indeks RB secara simbolis dari Kementerian PAN dan RB yang diwakili oleh Ibu Naptalina Sipayung kepada Badan POM yang diwakili oleh Inspektur Utama dan Sekretaris Utama.

Sebagai rangkaian akhir PMPRB Badan POM, dilaksanakan konsensus Reviu Lembar Kerja Evaluasi dan Rencana Aksi oleh Tim Pengarah Reformasi Birokrasi Badan POM di hotel Aryaduta. Inspektur Utama sebagai Koordinator PMPRB memaparkan hasil reviu LKE PMPRB Badan POM. Sebagai tindak lanjut hasil reviu LKE PMPRB yang dipaparkan maka Tim Pelaksana telah menyusun rencana tindak lanjut hasil reviu PMPRB. Berdasarkan konsensus yang telah dicapai maka dilakukan penandatanganan Berita Acara Konsensus oleh Tim Pengarah, Koordinator dan Ketua Tim Pelaksana serta Koordinator dan Ketua Tim Asesor PMPRB dan Monev RB Badan POM. Nilai total hasil PMPRB yang disampaikan kepada Kementerian PAN dan RB adalah 89,55. Hasil PMPRB Badan POM diharapkan tidak berbeda jauh dengan hasil evaluasi dari Kementerian PAN dan RB sehingga tercipta tata kelola kepemerintahan yang baik dan pelayanan publik yang memuaskan di Badan POM.