KOLABORASI DINAS PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN KABUPATEN KARANGASEM DAN BBPOM DI DENPASAR

KOLABORASI DINAS PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN KABUPATEN KARANGASEM  DAN BBPOM DI DENPASAR

Bersama dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Karangasem, Balai Besar POM di Denpasar kembali mengadakan Penyebaran Informasi Keamanan Pangan kepada sekitar 30 orang peserta mewakili petugas Dinas Perdagangan dan perindustrian Kabupaten Karangasem,   Pedagang di Pasar dan Industri Rumah Tangga Pangan  yang ada di Kabupaten Karangasem. Kegiatan dilaksanakan hari Kamis, tanggal 7 September 2017 bertempat di Gedung Sekretariat PKK Kabupaten Karangasem.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian  Kabupaten Karangasem I Gusti Ngurah Suarta, SH yang membuka acara Penyebaran Informasi ini menyampaikan terimakasih kepada BBPOM di Denpasar atas kesempatan dan waktu yang dilberikan kepada Pemda Karangasem  untuk berkolaborasi  memberikan sharing informasi terkait  keamanan pangan kepada para petugas dan juga kepada komunitas pedagang dan industri rumah tangga pangan.

Kepala Seksi Layanan Informasi Konsumen , Made Ery Bahari Hantana, S.Si., Apt selaku Narasumber pada kegiatan ini menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan kepada masyarakat khususnya kepada pedagang dan produsen agar meningkatkan kepedulian terhadap keamanan pangan baik untuk produk pangan yang diproduksi dalam skala rumah tangga atau produk pangan  diperjualbelikan dalam keseharian sebagai  pedagang di Kabupaten Karangasem. Made Ery Bahari juga memberikan kiat-kiat keamanan pangan seperti bagaimana memilih, mengolah produk pangan agar bebas dari 3 bahaya yaitu bahaya kimia, bahaya, fisik dan bahaya biologi.

Narasumber PFM Muda Bidang Serlik, Budiastuti Arieswati, S.Si., Apt.,M.Kes menyampaikan materi Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik untuk Industri Rumah tangga (CPPB-IRT). Kepada Industri rumah tangga pangan yang belum mempunyai izin edar disarankan untuk  segera mengurus izin P-IRT ke Dinas Perizinan setempat agar mendapatkan pembinaan berupa penyuluhan terkait higiene sanitasi personel, produk dan fasilitas sarana produksi dari Dinas kesehatan   dan produk yang dijual mempunyai legalitas yang kuat yang dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat baik dari segi keamanan pangan, maupun dari segi kualitas dan kemanfaatannya.

 

BBPOM Di Denpasar