Menteri Luar Negeri Dukung Penuh Pertemuan Kepala BPOM Negara-Negara OKI.

Jakarta- Kepala BPOM, Penny K. Lukito hari ini Kamis (18/10) menyambangi kantor Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi untuk berkoodinasi dan melaporkan perkembangan persiapan pertemuan para Kepala Badan Pengawas Obat negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) pada bulan November nanti. Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi menyatakan dukungannya terhadap pertemuan tersebut. "Kementerian Luar Negeri akan memberikan dukungan penuh dan bantuan penuh kepada acara OKI tersebut, terkait persidangan, negoisasi, dan lainnya," tutur Retno Marsudi.

 

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPOM juga menyampaikan bahwa tanggal 15-20 Oktober ini, BPOM memfasilitasi pelatihan penguatan kapasitas pengawasan obat bagi Otoritas Pengawas Obat / The National Medicines Regulatory Authority (NMRA) Palestina yang merupakan kelanjutan dari Kerja Sama Selatan-Selatan. "Para delegasi NMRA Palestina diberi materi terkait Cara Produksi Obat yang Baik (CPOB), Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB), Regulasi Pengawasan Obat, Otorisasi Pemasaran, Ekspor Impor Obat, Pengawasan Post Market, Farmakovigilans, dan Pengujian Laboratorium," jelas Kepala BPOM. "Para delegasi juga diajak berkunjung ke BPOM untuk melihat laboratorium, BPOM Command Center, dan Gedung Pelayanan Publik. Setelah itu peserta pelatihan berkunjung ke sejumlah industri farmasi di Jabodetabek." lanjutnya.

 

Menteri Luar Negeri berharap pertemuan nanti menjadi ajang ekspansi pasar obat dan makanan Indonesia ke negara anggota OKI yang memiliki prospek pasar yang besar. "Industri obat dan makanan dalam negeri harus sudah melakukan komunikasi dengan negara anggota OKI sebelum event ini digelar, sehingga pada saat acara dilaksanakan pertemuan antar industri menghasilkan kesepakatan yang matang." tutup Retno Marsudi. (HM-Hasibuan)

 

Biro Humas dan Dukungan Strategis Pimpinan