Home » Monev » Tata Laksana » Monev Rb Penataan Tata Laksana Tw Iv 2018

Monev RB Penataan Tata Laksana TW IV 2018

Matriks Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Lingkungan BPOM
 
Mengacu Pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 11 Tahun 2015 tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2015-2019 dan
 Keputusan Kepala BPOM No. HK.04.1.24.08.15.4097 Tahun 2015 tentang Road Map Reformasi Birokrasi BPOM Tahun 2015-2019
           
Sasaran Reformasi BirokrasiArea PerubahanProgramHasil yang DiharapkanUkuran KeberhasilanMonitoring dan Evaluasi Kegiatan Triwulan IV Tahun 2018TimelinePIC
Kegiatan Triwulan IV Tahun 2018
 (berdasarkan roadmap)
Pencapaian/ Kemajuan Pelaksanaan RB Triwulan IV Tahun 2018Kendala/ HambatanRencana Aksi Untuk Mengatasi Kendala/ Hambatan
Birokrasi yang efektif dan efisienTata laksanaE. Penguatan Tata laksanaMeningkatnya penerapan sistem, proses dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien, cepat, terukur sederhana, transparan, partisipatif, dan berbasis e-GovernmentSeluruh Organisasi BPOM menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001 secara konsistenPenerapan SOP oleh seluruh unit organisasiPenerapan SOP oleh seluruh unit organisasi dibuktikan dengan perolehan sertifikat ISO 9001:2015 terhadap:
 a) BPOM sebagai entitas.
 b) 28 (dua puluh delapan) Unit Kerja Pusat.
 c) 32 (tiga puluh dua) UPT Balai Besar/Balai POM.
 pada tanggal 12 Desember 2018 dari PT TUV SUD Indonesia berlaku dari tanggal 12 Desember 2018 s.d. 17 November 2021.
   Biro Hukum dan Organisasi
     Evaluasi terhadap efisiensi dan efektivitas peta proses bisnis dan SOP secara berkala.1. Laporan Hasil Audit Internal BPOM Tahun 2018.
 2. Laporan Hasil Audit Eksternal Unit Kerja Tahun 2018.
 3. Notulen Tinjauan Manajemen BPOM Tahun 2018.
   Biro Hukum dan Organisasi
     Surveilan QMS ISO 9001:2015Telah dilakukan Sertifikasi terhadap 5 (lima) Unit Kerja Baru, yaitu Biro Humas dan DSP, Biro Kerja Sama, Direktorat Pengamanan, Direktorat Intelijen Obat dan Makanan,dan PPSDM serta Resertifikasi terhadap Manajemen BPOM, 23 (dua puluh tiga) Unit Kerja Pusat, dan 32 (tiga puluh dua) Balai Besar/Balai POM. Resertifikasi dilaksanakan dari tanggal 8 Oktober s.d. 23 November 2018 oleh Auditor Eksternal.   Biro Hukum dan Organisasi
    Indeks e-GovernmentE-Registrasi (continuous improvement)Telah dilakukan pengembangan aplikasi new aero:
 1. Layanan permohonan variasi, renewal, dan penapisan
 2. Telah dikembangkan fitur tandatangan elektronik (TTE)
 3. Pilot project dengan sistem OSS
Ka BPOM belum memiliki sertifikat elektronik (TTE)Pengajuan permohonan sertifikat elektronik (TTE) kepada BSrE (Badan Sertifikat Elektronik) Pusdatin
    Notifikasi Kosmetik (continuous improvement)Telah dilakukan integrasi 2D Barcode dengan Notifikasi Kosmetik-- Pusdatin
    E-payment Sertifikasi GMPTelah dilakukan integrasi e-payment dengan e-sertifikasi-- Pusdatin
    Pengembangan SKE Obat1. Melakukan koordinasi dengan Dit. Registrasi Obat terkait kebutuhan pengembangan SKE Obat
 2. Review kesesuaian sistem e-CPP (Certificate of Pharmaceutical Product) terhadap e-BPOM
Proses penerbitan Surat keterangan Ekspor Obat sudah terakomodir di e-CPP sehingga untuk penggabungan ke e-BPOM membutuhkan koordinasi yang intens dengan Dit. Registrasi Obat, pengembang dan eksportirSementara masih menggunakan e-CPPTahun 2019Pusdatin
    Sertifikasi (Continuous improvement)1. Telah terelektronisasi permohonan CPOB, CPOTB, CPKB, dan CPPOB
 2. Telah terintegrasi dengan sistem OSS
OSS masih terus dikembangkanBerkoordinasi dengan tim OSS di BKPM Pusdatin
    “Cloud Computing”Implementasi cloud computing dilakukan dalam bentuk virtualisasi server, maupun penyimpanan file secara onlineIntegrasi server yang ada dengan storage baru masih terbatasIntegrasi server yang ada dengan storage baru secara menyeluruh diprioritaskan untuk aplikasi layanan publikTahun 2019Pusdatin
     “No one leave behind”Penambahan jaringan LAN baru di Pusat terkait relokasi pegawai, penyiapan email corporate untuk seluruh pegawai BPOMImplementasi email resmi BPOM untuk seluruh pegawai : belum semua pegawia menggunakan email resmi untuk kedinasan, masih ada kendala pengiriman dan penerimaan email karena spam email akibat blasting email dari notifikasi aplikasi- Penjajakan platform baru melalui Sistem Komunikasi Aman (PACE-Pesan Aman Cepat Efektif) untuk mengurangi notiifkasi email pada aplikasi sehingga mengurangi kendala spam email resmi BPOM
 - Sosialisasi penggunaaan email remsi BPOM di Pusat dan UPT BPOM
Tahun 2019Pusdatin
   Meningkatnya penerapan keterbukaan informasi publikDitindaklanjutinya permintaan informasi publik sesuai time linePenerapan kebijakan keterbukaan informasi publik (kemudahan akses seluruh informasi publik BPOM)pada periode Januari-Desember 2018, ULPK Badan POM dan Contact Center telah melakukan layanan informasi publik sebanyak 22.258 layanan, dengn media akses layanan: email 3095 layanan datang langsung 229 layanan telepon 15761 layanan surat 2 layanan SMS 2665 layanan media sosial 450 layanan mobile 3 layanan aplikasi lainnya 53 layanan seluruh layanan telah selesai ditindaklanjutitidak ada (terlaksana)  Biro Humas dan DSP
     Monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik dilakukan secara berkala- Pada 10 Oktober 2018 dilakukan penilaian keterbukaan informasi publik Badan POM oleh KIP, dengan nilai hasil monev yaitu 80,33 (Menuju Informatif 80 – 89,9), terdapat peningkatan bila dibandingkan dengan capaian tahun 2017 termasuk dalam kategori 'cukup informatif' (60-79,9)
 
 '- Pada tanggal 23 November 2018 telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Nasional Keterbukaan Informasi Publik
Penerapan keterbukaan informasi publik masih harus ditingkatkan hingga mencapai kategori informatif, melalui peningkatan pada setiap indikator monev yaitu:
 1. Pengembangan
 website 2. Pengumuman informasi 3. Penyediaan Informasi 4.Pelayanan Informasi
pelaksanaan roadmap keterbukaan informasi publik di Badan POM, Yaitu
 1) Sosialisasi SubsiteBB/BPOM 2) Penyerahan Akun admin SubsiteBB/BPOM 3) Up load Konten Subsite BB/BPOM 4) Updating konten subsite BB/B POM (rutin) 5) Monev konten subsite BB/BPOM 6) Penilaian Subsite BB/BPOM
1). Desember 2018
 
 2) 25 Januari 2019
 
 3) 28 Jan- 28 Feb 2019
 
 4) Feb - Des 2019
 
 5) Mei 2019
 
 
 6) Desember 2019
1) Pusdatin
 
 
 2)Pusdatin
 
 
 3) BB/BPOM
 
 
 4) BB/BPOM
 
 
 5) Biro Humas dan DSP
 
 6) Biro Humas dan DSP
   Meningkatnya penerapan sistem pengadaan barang dan jasa secara elektronikPelaksanaan pengadaan barang dan jasa secara transparan dan akuntabel melalui layanan LPSEPeningkatan kualitas software dan hardware untuk menunjang pelaksanaan pengadaan secara elektronikTelah dilakukan updating SPSE versi 4.3 yang mengakomodir lelang cepatPengguna belum memahami penggunaan aplikasi SPSE 4.3Melakukan sosialisasi aplikasi SPSE versi 4.3Januari 2019Pusdatin
   Meningkatnya penerapan manajemen kearsipan yang handalAkreditasi Unit Kearsipan di BPOM Pusat dan DaerahMonitoring dan evaluasi pengelolaan arsip aktif dan inaktif di unit kerjaDilakukan pembinaan SDM Kearsipan pada bulan September 2018Waktu pelaksanaan hanya 1 hari karena keterbatasan anggaranAkan dilakukan cakupan yang lebih besar pada tahun 20192019Biro Umum dan SDM
     Pengembangan sistem kearsipan e-archivesSistem kearsipan menggunakan sistem dari ANRI yaitu Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD)Belum dilakukan System Integration Test (SIT) dengan User Acceptance Test (UAT)Akan dilakukan koordinasi dengan PusdatinFebruari 2019Biro Umum dan SDM
     Pelaksanaan pemusnahan arsip di seluruh unit kerja sesuai JRATelah dilakukan pemusnahan arsip BBPOM di Denpasar, BBPOM di Mataram, dan 5 (lima) Unit Kerja Pusat tanggal 30 November 2018-- Biro Umum dan SDM
     Penyelamatan arsip organisasi dan arsip vital BPOMMelaksanakan alih media arsip vital (arsip vital Biro Umum seperti sertifikat tanah dengan bangunan)Kinerja alat alih media masih terbatasBerkoordinasi dengan Pusdatin (Perpustakaan)Februari 2019Biro Umum dan SDM
   Meningkatnya penerapan manajemen kearsipan yang handalAkreditasi Unit Kearsipan di BPOM Pusat dan DaerahPenyerahan arsip statis ke ANRIBelum dilaksanakanUnit pengolah arsip statis belum siapAkan dilaksanakan pada Rakernas BPOMMaret 2019Biro Umum dan SDM