Home » Info Terkini » Evaluasi Pelaksanaan Rb Bpom Oleh Kementerian Panrb

Evaluasi Pelaksanaan RB BPOM oleh Kementerian PANRB

“Kita harus terus membangun Indonesia yang adaptif, Indonesia yang produktif, dan Indonesia yang inovatif, Indonesia yang kompetitif.” Ditekankan oleh Presiden Jokowi dalam pidato Visi Indonesia, 14 Juli 2019, mengawali sambutan Naptalina Sipayung, asisten Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan, Pemantauan, dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan III dalam acara pelaksanaan Evaluasi pelaksanaan RB dan Sistem Akuntabilitas Kinerja di Lingkungan Badan POM pada hari Kamis, 22 Agustus 2019 bertempat di aula gedung F barat Badan POM.

 Saat ini pelaksanaan RB sudah pada tahap gelombang kedua akhir. Instansi sebaiknya berupaya melaksanakan upaya RB dan akuntabilitas sebagai inisiatif setiap Instansi. Tidak ada lagi pola pikir lama, harus berubah. Tidak ada lagi kerja linier, monoton, kerja di zona nyaman, tidak ada lagi kerja rutinitas, harus berubah”, tambah Ibu Naptalina.

 Nilai hasil evaluasi RB Badan POM tahun 2018, mengalami kenaikan dari tahun 2017 menjadi 77,65, sedangkan nilai SAKIP Badan POM tahun 2018 adalah 76,77 (BB). LAKIP Badan POM Tahun 2018 dilaporkan ontime. Prinsip KemenPAN RB, selain melakukan evaluasi, juga melakukan pendampingan dan membantu unit-unit kerja. BPOM dalam menyampaikan Lembar Kerja Evaluasi (LKE) Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) tahun 2019 sudah disampaikan sesuai waktu yang ditentukan.

 Pada kesempatan ini juga, Elin Herlina dan Reri Indriani selaku Sekretaris Utama dan Plt. Inspektur Utama Badan POM, menyampaikan bagaimana tim RB Badan POM dalam menindaklanjuti seluruh rekomendasi hasil evaluasi KemenPAN RB tahun sebelumnya, segala upaya-upaya dan inovasi-inovasi baik dalam pelayanan publik, serta bagaimana peran APIP selaku Tim Penilai Internal (TPI) dalam pelaksanaan RB dilingkungan Badan POM.

 Tim evaluator KemenPAN RB pada pelaksanaan evaluasi pelaksanaan RB tahun ini akan melihat cara APIP melakukan reviu atas semua Satker BPOM. Secara fokus akan menilai setiap perubahan dan perbaikan pada 8 area perubahan RB, khusus terkait Merit system, pelaksanaan pelayanan publik apakah sudah membuat puas bagi penerima pelayanan, bagaimana peraturan-peraturan di BPOM dapat bermanfaat bagi masyarakat, serta bagaimana tindak lanjut BPOM atas pengaduan masyarakat. (AS,ES,TA) Inspektorat Utama