Pemberdayaan Masyarakat

  1. Peluncuran inovasi terkait penyediaan informasi yang obyektif, independen, valid, dapat dipercaya, dan mudah diakses oleh masyarakat yaitu aplikasi "IONI mobile”; "Ayo Cek Gizi Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) versi desktop dan android”, serta "E-SiAPIk (Sistem Aplikasi Persetujuan Iklan)”.
  2. Peluncuran Contact Center HALOBPOM 1500533 bertepatan dengan acara puncak Peringatan HUT Badan POM RI ke-13 tanggal 5 Februari 2014 dalam rangka meningkatkan akses publik terhadap layanan informasi terkait pengawasan Obat dan Makanan.
  3. PeGI award 2013 peringkat I tingkat LPNK dari 19 LPNK. PeGI merupakan penilaian terkait pengembangan dan pemanfaatan TIK di lingkungan instansi pemerintah yang diselenggarakan oleh Kementrian
  4. Peraturan Kepala Badan POM RI Nomor 39 tahun 2013 tentang Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Badan POM.
  5. Sosialisasi dan implementasi Peraturan Kepala Badan POM RI Nomor 39 tahun 2013 tentang Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Badan POM. Melalui implementasi Perka tersebut diharapkan dapat memicu petugas layanan publik untuk melaksanakan tugasnya secara optimal dan profesional.
  6. Sesuai roadmap peningkatan kualitas pemberdayaan masyarakat, kami telah melakukan rangkaian kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan tema The Power of Obat Asli Indonesia, sebagai berikut:
  • Bagi masyarakat produsen: Pendampingan teknis bagi pelaku usaha OT di Kabupaten Sukoharjo, Banyuwangi dan Cilacap.
  • Bagi masyarakat konsumen: Seminar Tumbuhan Obat, Workshop Peluang Pasar OT serta Expo Pasar Jamu yang diselenggarakan di kantor Badan POM.
  • Pemberdayaan masyarakat melalui kemitraan dengan instansi lainnya melalui keikutsertaan pada beberapa event pameran seperti Pameran Indo Green dan Pameran PMK di JHCC.

Telah dilakukan peluncuran Sistem Informasi Obat Bahan Alam (SIOBA) versi Online dan Android pada tanggal 28 Mei 2015. SIOBA berisi informasi tentang tumbuhan obat dengan aspek etnomedisin dan budidaya, kemanan dan manfaat, teknologi ekstrak dan formulasi, industri OT dan peluang pasar serta informasi obat tradisional.


Artikel Sub Tim Pelaksana Bidang Peningkatan Kualitas Pemberdayaan Masyarakat

09/09/2015 - 16:20